sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu AS desak Presiden Palestina hentikan serangan roket

Blinken mendesak diakhirinya serangan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza oleh militan Hamas.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 13 Mei 2021 13:44 WIB
Menlu AS desak Presiden Palestina hentikan serangan roket

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Rabu (12/5) mengatakan bahwa dia berbicara dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Blinken mendesak diakhirinya serangan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza oleh militan Hamas di tengah meningkatnya ketegangan dengan Israel.

"Saya berbicara dengan Presiden Abbas tentang situasi yang sedang berlangsung di Yerusalem, Tepi Barat, dan Gaza," tutur Blinken di Twitter. "Saya menyatakan belasungkawa atas hilangnya nyawa. Saya menekankan perlunya mengakhiri serangan roket dan mengurangi ketegangan."

Sebuah pernyataan dari juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price menambahkan bahwa Menlu Blinken juga menyatakan keyakinannya bahwa Palestina dan Israel berhak atas kebebasan, martabat, keamanan, serta kemakmuran yang setara.

Sementara itu, pernyataan resmi Abbas menuturkan bahwa sang presiden menekankan pentingnya menghentikan serangan Israel terhadap rakyat Palestina di mana-mana serta mengakhiri serangan dan tindakan agresif Israel terhadap rakyat Palestina.

Pada Rabu (12/5) pagi waktu setempat, Blinken mengatakan bahwa utusan AS akan pergi ke Timur Tengah untuk meredakan ketegangan. 

Blinken itu juga berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan mendorong kedua belah pihak untuk menurunkan ketegangan.

Sejak permusuhan meningkat pada Senin (10/5) malam, menurut perkiraan terbaru dari tentara Israel, Hamas telah menembakkan sekitar 1.500 roket dari Gaza ke wilayah Israel.

Sponsored

Meski begitu, Washington tidak berbicara dengan Hamas, yang dianggapnya sebagai kelompok teroris.

Sumber : The Straits Times

Berita Lainnya