sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Setelah petinggi Eropa, Volodymyr Zelensky rayu PM Australia datang ke Ukraina

Alabanese sendiri masih pikir-pikir menerima ajakan Zelensky.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 17 Jun 2022 15:16 WIB
Setelah petinggi Eropa, Volodymyr Zelensky rayu PM Australia datang ke Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terus menggalang dukungan untuk melawan Rusia. Setelah para pemimpin Eropa datang ke Kiev kemarin, dia juga melobi Perdana Menteri Australia Anthony Albanese untuk berkunjung ke Ukraina. 

Undangan itu diungkapkan Albanese ppada hari Jumat. Dia mengatakan bahwa Zelensky telah mengundangnya untuk mengunjungi Kiev.

Alabanese sendiri masih pikir-pikir menerima ajakan Zelensky. "Saya akan mengambil saran yang tepat dan jelas ada masalah keamanan dalam hal kunjungan seperti itu," kata Albanese kepada wartawan setelah pertemuan Kabinet pertamanya, menurut transkrip yang dikeluarkan oleh kantornya.

"Saya menghargai semangat di mana (undangan) telah ditawarkan."

Dia menambahkan bahwa negaranya telah memberikan dukungan kepada Ukraina dalam mempertahankan kedaulatan nasionalnya melawan Rusia.

"Kami akan terus berdiri bersama rakyat Ukraina," tambahnya.

Pada hari Kamis, para pemimpin dari Prancis, Jerman, Italia dan Rumania mengunjungi Kiev dan bertemu dengan Zelensky.

Sementara itu, Rusia memberikan sanksi kepada 121 warga Australia, termasuk Perdana Menteri Australia Selatan Peter Malinauskas.

Sponsored

"Saya sangat berterima kasih atas fakta bahwa Vladimir Putin telah memperhatikan peran utama yang dimainkan Australia Selatan dalam mencoba membela nilai-nilai demokrasi yang kita pegang bersama sebagai sebuah negara," kata Malinauskas saat berbicara dengan wartawan bersama Perdana Menteri Albenese.

"Pemerintah saya telah berusaha melakukan beberapa hal untuk mengirim pesan yang sangat jelas bahwa orang-orang Australia Selatan berdiri teguh dengan Ukraina, seperti halnya setiap Negara Bagian dan Wilayah, dan saya hanya berterima kasih atas fakta bahwa Vladimir Putin memperhatikan," dia menambahkan.

Sumber: AA

Berita Lainnya
×
tekid