close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Foto: Ist
icon caption
Foto: Ist
Dunia
Minggu, 26 Mei 2024 10:50

Taman hiburan kebakaran: Sedikitnya 24 orang tewas, kebanyakan anak-anak

Pada bulan Februari, 11 orang tewas dalam kebakaran yang melanda pabrik cat di ibu kota New Delhi.
swipe

Sebuah kebakaran hebat melalap taman hiburan yang ramai di India pada Sabtu (25/5). Amukan si jago merah ini menjadi tragedi maut karena 24 orang tewas dan kebanyakan adalah anak-anak.

Rekaman yang diunggah di media sosial, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh AFP, menunjukkan kobaran api yang dahsyat melahap sebuah bangunan, dengan asap hitam membubung ke langit.

Prabhav Joshi, petugas distrik Rajkot, di negara bagian barat Gujarat, mengatakan kepada AFP bahwa 24 orang tewas dalam kebakaran tersebut, “kebanyakan anak-anak”, dan setengah lusin lainnya dirawat di rumah sakit.

“Polisi telah menahan empat orang yang terkait dengan zona permainan untuk dimintai keterangan,” katanya. “Kami mencoba mendapatkan rincian lebih lanjut tentang pemilik fasilitas tersebut.”

Lebih dari 300 orang berada di bangunan dua lantai di taman hiburan dan hiburan TRP ketika kebakaran terjadi karena saat itu adalah liburan musim panas, kata petugas pemadam kebakaran Rajkot Ilesh Kher kepada wartawan.

“Orang-orang terjebak karena bangunan sementara di fasilitas tersebut runtuh di dekat pintu masuk, sehingga menyulitkan orang untuk keluar,” katanya.

Api menyebar dengan cepat karena bahannya mudah terbakar, tambahnya.

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan struktur logam bergelombang yang sebagian besar berupa reruntuhan.

Gujarat adalah negara bagian asal Perdana Menteri India Narendra Modi.

Kebakaran umum terjadi di India

Butuh waktu hampir satu jam untuk memadamkan api, dan sekitar selusin ambulans membawa korban luka ke rumah sakit.

Pejabat pemadam kebakaran mengatakan arus pendek diduga sebagai penyebabnya dan polisi di lokasi mengatakan mayat-mayat itu terbakar parah, sehingga sulit untuk diidentifikasi.

Gambar dari akun Instagram yang tampaknya milik fasilitas tersebut menunjukkan pusat permainan dan rekreasi yang ramai, dengan remaja yang menikmati kegiatan seperti bowling, go-kart, dan trampolin.

Kebakaran sering terjadi di India karena praktik pembangunan yang buruk, kepadatan penduduk yang berlebihan, dan kurangnya kepatuhan terhadap peraturan keselamatan.

Pada bulan Februari, 11 orang tewas dalam kebakaran yang melanda pabrik cat di ibu kota New Delhi.

Pada tahun 2022, setidaknya 27 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka setelah kebakaran besar terjadi di sebuah gedung komersial empat lantai di kota tersebut.

Pada tahun 2016, lebih dari 100 orang tewas akibat ledakan besar saat pertunjukan kembang api yang dilarang di negara bagian Kerala di selatan.(malaymail)

Artikel ini ditulis oleh :

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan