logo alinea.id logo alinea.id

Trump: Perlambatan ekonomi bikin China ingin capai kesepakatan dagang

Putaran penting perundingan perdagangan AS-China dimulai pada Senin (7/1) di Beijing.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 07 Jan 2019 12:58 WIB
Trump: Perlambatan ekonomi bikin China ingin capai kesepakatan dagang

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Minggu (6/1) mengatakan bahwa pembicaraan perdagangan dengan China berjalan sangat baik. Dia menambahkan bahwa perlambatan ekonomi Tiongkok saat ini memberi Beijing alasan untuk bekerja mencapai kesepakatan.

Putaran penting perundingan perdagangan AS-China dimulai pada Senin (7/1) di Beijing. Ini merupakan pertemuan perdana pejabat kedua negara sejak tatap muka Trump dan Presiden Xi Jinping pada Desember lalu yang melahirkan gencatan senjata 90 hari pasca-perang dagang yang telah mengguncang pasar internasional.

Trump memberlakukan tarif impor senilai ratusan miliar dollar atas barang-barang China untuk menekan Beijing agar mengubah praktik dagangnya yang dinilai tidak adil, termasuk subsidi industri hingga peretasan. Tiongkok meresponsnya dengan langkah serupa.

Menurut Trump, tarif AS telah merugikan China.

Sponsored

"Saya rasa China ingin menyelesaikannya. Ekonomi mereka sedang tidak baik," tutur Trump di Gedung Putih. "Saya pikir itu memberi mereka insentif besar untuk bernegosiasi."

Beijing pada Jumat (4/1) memangkas persyaratan cadangan bank di tengah melambatnya pertumbuhan di dalam negeri dan tekanan dari tarif AS.

Ditanya harapannya terkait pembicaraan dengan China, Trump menuturkan, "Pembicaraan dengan China berjalan dengan sangat baik. Saya benar-benar yakin mereka ingin membuat sebuah kesepakatan." 

Sumber : Reuters