sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ukir inisial nama di Colosseum Roma, turis asing didenda

Turis asal Irlandia terpergok ukir inisial namanya di Colosseum Roma.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Senin, 28 Sep 2020 22:05 WIB
Ukir inisial nama di Colosseum Roma, turis asing didenda
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Seorang turis asal Irlandia terpergok mengukir inisial namanya di dinding bangunan kuno Colosseum Roma, Italia. Petugas keamanan yang sedang berjaga melihat aksi pelaku langsung menangkap pria berusia 32 tahun tersebut.

Bila terbukti bersalah, pria yang mengukir inisial namanya di pilar pertama monumen berusia sekitar 2.000 tahun itu terancam denda ratusan juta rupiah dan pidana satu tahun penjara.

"Colosseum, seperti monumen yang mewakili sejarah kita semua, harus dilestarikan dan diserahkan kepada generasi mendatang," kata arkeolog Federica Rinaldi belum lama ini.

Sebelumnya, kasus serupa pernah dilakukan oleh seorang turis asal Rusia saat mengukir huruf "K" pada dinding Colosseum. Atas ulahnya itu, turis berusia 42 tahun tersebut didenda sekitar Rp349,2 juta.

Sponsored

“Mengukir inisial seseorang, selain dianggap sebagai tindak pidana, sepertinya menjadi isyarat bagi mereka
yang ingin meralat tugu tersebut. Lebih baik mengambil foto selfie, ”kata Rinaldi kepada CNN.

Monumen tersebut merupakan kebanggaan Italia dan menyedot banyak turis dari seluruh dunia untuk berkunjung setiap tahun.

Colosseum itu juga diyakini sebagai amfiteater terbesar di dunia. Dahulu kala, tempat tersebut mampu menampung sekitar 50.000 penonton yang akan menyaksikan gladiator saling bertarung.

Berita Lainnya