sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

6 Tips menghentikan kencanduan gadget pada anak-anak

Mungkin sulit untuk memisahkan anak-anak dan gadget Anda, tetapi itu adalah tugas yang perlu.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 09 Mei 2022 14:55 WIB
6 Tips menghentikan kencanduan gadget pada anak-anak

Saat ini, anak-anak sudah menjadi lebih terbiasa bermain dengan gadget daripada bermain di luar. Mereka kecanduan game mobile, televisi, dan video game sampai-sampai berbahaya bagi perkembangan mental dan fisik mereka. Jika ini sama untuk anak-anak Anda, ini pasti menjadi masalah yang sangat mengkhawatirkan Anda.

Jadi, Anda bertanya pada diri sendiri, "Haruskah saya melakukan sesuatu tentang ini?" Pastinya! Gadget mungkin menyenangkan bagi anak-anak Anda, tetapi bisa sangat membuat ketagihan. Mereka mungkin menjadi penyebab efek yang tidak menguntungkan pada kesejahteraan mental dan fisik mereka. Mematahkan kecanduan ini dapat menjadi tantangan, terutama jika anak-anak Anda belum menemukan kegembiraan pergi ke luar untuk bermain dan menjelajah.

Bermain di luar sangat dianjurkan untuk anak-anak karena memberikan mereka aktivitas fisik yang sehat. Ini juga menawarkan kesempatan untuk mengembangkan dan menerapkan kemampuan kreatif dan mengajari mereka cara bermain dalam kelompok dan berbagi dengan teman bermain mereka.

Seperti orang dewasa, anak-anak terpesona oleh perangkat elektronik dan kecenderungan untuk menjalani kehidupan digital. Tetapi jika kesehariannya hanya terpaku di depan layar, situasi tersebut tentu tidak bisa dibiarkan. 

Tidak mudah untuk memisahkan mereka, namun tidak perlu putus asa. Ada tujuh cara kreatif yang bisa dicoba untuk menghilangkan kecanduan gadget anak Anda, terutama anak yang masih dalam rentang usia prasekolah dasar.

1. Jadilah contoh yang baik
Anak-anak belajar dengan mengikuti jejak Anda, jadi jika Anda ingin mengambil kebiasaan sehat, Anda harus menerapkannya pada diri sendir terlebih dahulu. Berlatih menjauh dari laptop, tablet, dan ponsel Anda setidaknya selama beberapa jam setiap hari. Manjakan diri dengan hobi dan kategori hiburan lainnya. Yang terpenting, habiskan waktu berkualitas bersama anak dan keluarga.

2. Jauhkan gadget
Tempatkan perangkat dan gadget sedemikian rupa sehingga tidak dapat diakses oleh anak-anak Anda sesuka hati. Pastikan Anda tahu kapan anak-anak Anda menggunakan perangkat, dan apa yang sebenarnya mereka lakukan di perangkat tersebut sehingga Anda dapat menjauhkan mereka dari aktivitas yang adiktif dan tidak produktif.

3. Ubah rutinitas
Jadwalkan rutinitas harian sedemikian rupa sehingga waktu layar tidak sesuai dengan waktu luang anak-anak Anda. Pastikan bahwa anak-anak Anda terlibat dalam kegiatan yang membutuhkan mereka untuk menyingkirkan gadget.

Sponsored

4. Hindari menggunakan terlalu banyak pembelajaran digital
Ya, video adalah cara yang bagus untuk membuat anak-anak Anda belajar, dan Anda mungkin menggunakannya kadang-kadang. Namun, jika Anda membiasakan metode pembelajaran ini secara teratur, Anda mungkin memicu kecanduan anak-anak Anda. Ingat, anak-anak Anda perlu menjadi tertarik dengan cara belajar yang berbeda. Selain itu, anak-anak yang terpapar pembelajaran melalui video di usia muda sering kali mengalami kesulitan membaca dan menulis.

5. Dorong kegiatan di luar ruangan
Kegiatan di luar ruangan tidak hanya menyehatkan, tetapi juga membantu anak Anda belajar bermain dengan anak lain. Mereka juga merupakan cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar.

6. Bermain pura-pura adalah ide yang bagus
Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mengajar dan menikmati bersama anak kecil. Anda dapat membuat permainan sendiri dengan memerankan karakter favorit untuk menghibur anak-anak Anda dan menghabiskan waktu bersenang-senang dengan anak-anak Anda saat memainkannya. Ini adalah situasi win-win untuk semua orang!

Setelah sekian lama anak anda mengonsumsi konten terutama di Youtube, anak Anda sudah terbiasa untuk menikmati cerita. Setelah menyetop waktu gadget anak, tugas anda selanjutnya adalah meluangkan waktu bermain bersama mereka dan menjadi pencerita. Manfaatkan mainan sebagai tokoh-tokoh dalam cerita karangan anda. Tidak perlu memusingkan alur cerita, mengalir saja, tunjukan ekspresi-ekspresi unik, Anak anda pun akan suka. Mereka akan mudah melupakan gadget. Sebagai gantinya, Anda yang akan diburu untuk bermain bersama mereka.

Jadi, manfaatkan tips ini dan bantu anak Anda melepaskan diri dari gadget dan sebagai gantinya menghabiskan waktu bersama keluarga, hewan peliharaan, dan alam sehingga mereka tumbuh menjadi individu yang sehat dan bahagia! (Healtline)

Berita Lainnya