sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Peningkatan jumlah positif Covid, sebabkan kenaikan limbah medis

Hal ini menjadi persoalan dalam pengelolaannya, karena hanya ada beberapa rumah sakit atau puskesmas yang memiliki incinerator.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Selasa, 16 Feb 2021 14:17 WIB
Peningkatan jumlah positif Covid, sebabkan kenaikan limbah medis
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Pembuangan limbah medis Cobid-19 sembarang membuat sejumlah pihak berkolaborasi untuk mengurangi dampaknya bagi lingkungan.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtyas menyebutkan, dari data yang ada di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, jika jumlah pasien Covid-19 di Jawa Barat naik, maka limbah yang dihasilkan juga bertambah dan bervariasi.

"Limbah yang dihasilkan bisa mencapai 14,2 ton/hari, di mana 1.7 ton/harinya di antaranya adalah limbah Covid-19," kata dia dalam webinar, Selasa (16/2).

Hal ini menjadi persoalan dalam pengelolaannya, karena hanya ada beberapa rumah sakit atau puskesmas yang memiliki incinerator, atau tungku pembakaran. Maka dari itu, perlunya edukasi tentang cara pengelolaan limbah medis yang diterapkan di masyarakat, untuk memberikan pengelolaan akhir limbah medis tersebut ke pihak ketiga.

Sponsored

Sementara peneliti LIPI Herlian Eriska Putra mengatakan, upaya mengurangi limbah tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan masker guna pakai, mendinfeksi limbah (merusak dan buang secara terpisah) untuk memudahkan sterilisasi yang dilakukan. Salah satu caranya bisa dengan merebus dengan air panas selama 10 menit.

Berita Lainnya