sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tentang Ohta, pengisi suara pertama Nobita yang meninggal dunia

Yoshiko tetap identik dengan Nobita, si anak laki-laki pemalas yang tidak pernah mendapatkan nilai bagus di pelajaran apapun di sekolah.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Jumat, 12 Nov 2021 14:10 WIB
Tentang Ohta, pengisi suara pertama Nobita yang meninggal dunia

Pengisi suara pertama untuk tokoh kartun Nobita versi Jepang, Yoshiko Ohta, meninggal dunia. Kabar meninggalnya Yoshiko dikonfirmasi langsung oleh agensi yang menaunginya, Theater Echo. Seperti diberitakan Antara Jumat (12/11), Yoshiko mengembuskan napas terakhirnya pada 29 Oktober lalu di usia 89 tahun. Dia dikabarkan mengalami gagal jantung ketika dirawat di sebuah rumah sakit di prefektur Kanagawa.

Yoshiko adalah pengisi suara karakter Nobita sejak manga Doraemon pertama kali diadaptasi dalam bentuk film animasi pada 1973. Tak hanya menjadi Nobita, Yoshiko juga pernah mengisi suara versi bahasa Jepang untuk beberapa karakter dalam film animasi Disney yang sudah diterjemahkan.

Namun, Yoshiko tetap identik dengan Nobita, si anak laki-laki pemalas yang tidak pernah mendapatkan nilai bagus di pelajaran apapun di sekolah. Dia kerap dirundung oleh teman-temannya hingga pada suatu hari Doraemon datang dari masa depan lewat laci meja belajarnya. Dari sana, petualangan Nobita dan Doraemon pun dimulai. Nobita banyak bergantung pada alat-alat dari masa depan yang dimiliki Doraemon untuk menyelesaikan masalah hidupnya.

Beberapa karakter kartun yang pernah diisi oleh Yoshiko adalah Sapphire di Princess Knight, Leo di Kimba The White Lion, Ranma sekuel satu dan dua, serta karakter lokal animasi Jepang, Inuyasha. Sementara itu beberapa karakter Disney yang suaranya dimainkan oleh Yoshiko adalah Peter Pan, Bambi, Dumbo, dan The Fox and The Hound. Berkat dedikasi seumur hidup Yoshiko Ohta di dunia animasi Jepang, Tokyo Anime Award Festival memberi penghargaan Lifetime Achievment Award pada 2016 silam.

Sponsored
Berita Lainnya