sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lembaga riset terbaik di dunia

Menurut situs web webometric, National Institute of Health (NIH) adalah lembaga riset nomor satu di dunia.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Sabtu, 17 Jul 2021 06:43 WIB
Lembaga riset terbaik di dunia

Usai dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Rabu (28/4), Laksana Tri Handoko mengungkapkan, ia diberi tugas mengonsolidasikan beberapa lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah dalam waktu singkat.

Mandat tersebut diberikan kepada BRIN agar bisa menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang baik. Harapannya, BRIN tak hanya menjadi motor riset dan inovasi, melainkan juga dapat menjadi fasilitator riset bagi lembaga ilmu pengerahuan dan teknologi (iptek) lainnya, seperti perguruan tinggi dan swasta.

Dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4), Laksana mengungkapkan, BRIN juga menargetkan memberi dampak ekonomi dari berbagai aktivitas riset dan inovasi dari aneka litbang. Melalui cara itu, mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini percaya bisa memicu investasi di sektor iptek.

Konsep dasar BRIN yang diungkapkan Laksana memang bukan kaleng-kaleng. Namun, organisasi yang dipimpinnya itu bakal menemui jalan terjal dalam mencapai tujuan tadi.

Sponsored

Infografik Alinea.id/Bagus Priyo.

Berita Lainnya
×
tekid