sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Deretan parpol baru calon peserta Pemilu 2024

Sepanjang dua tahun terakhir, setidaknya ada empat parpol dideklarasikan siap bersaing menjadi peserta Pemilu 2024.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Minggu, 27 Mar 2022 14:15 WIB
Deretan parpol baru calon peserta Pemilu 2024

Sejumlah partai politik (parpol) baru didirikan jelang Pemilu 2024. Sepanjang dua tahun terakhir, setidaknya ada empat parpol dideklarasikan siap bersaing menjadi peserta pemilu, yakni Pelita, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Gelora, Partai Ummat, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). 

Pada Oktober 2021, Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal juga mendeklarasikan berdirinya kembali Partai Buruh. Berbeda dengan partai-partai anyar lainnya, Partai Buruh sudah pernah jadi peserta sejumlah pemilu pada era Reformasi. 

Direktur Riset Indonesia Presidential Studies (IPS) Arman Salam pesimistis partai-partai anyar bisa berbicara banyak di Pemilu 2024. Menurut dia, setidaknya ada tiga modal yang harus dimiliki partai anyar untuk bisa menggeser dominasi partai-partai mapan yang bercokol di Senayan. 

Pertama, jaringan akar rumput yang kuat dan mengakar di seluruh lapisan masyarakat. Kedua, figur yang kuat sebagai daya tarik pemilih. Ketiga, dukungan finansial yang memadai untuk menunjang kerja-kerja politik partai.

Sponsored

"Saat ini partai baru yang muncul nampaknya sulit bisa bersaing dengan partai-partai besar yang ada. (Pendirian parpol) lebih cenderung sebagai langkah politik tokoh tertentu saja sebagai bergaining ikut dalam kekuasaan penguasa nanti," kata Arman kepada Alinea.id, Rabu (23/3).

Jangankan partai baru, menurut Arman, partai-partai lama saja potensial terdepak dari Gedung DPR RI. Berkaca dari tren perolehan suara dari pemilu ke pemilu, Arman memprediksi hanya akan ada enam atau tujuh partai yang lolos ke Senayan pada Pemilu 2024. 

Infografik Alinea.id/MT Fadillah

Berita Lainnya