logo alinea.id logo alinea.id

Pengaruh media massa atas berita Capim KPK

Media massa melalui pemberitaannya berhasil menggiring pembaca untuk ikut memberikan penilaian terhadap proses pemilihan calon pimpinan KPK.

Mona Tobing
Mona Tobing Jumat, 06 Sep 2019 12:46 WIB
Pengaruh media massa atas berita Capim KPK

Riset Alinea.id menangkap tiga top isu pemberitaan di media online dan media cetak dalam perjalanan panitia seleksi KPK menjaring hingga menetapkan 10 orang capim KPK yang kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi, 4 September 2019.

Rinciannya, pertama, banyak kritikan yang dituai dalam penetapan capim KPK. Ini tercermin dari pemberitaan sebanyak 309 berita. 

Kedua, masalah laporan harta kekayaan penyelenggara negara atau LHKPN dengan jumlah 495 berita. Ketiga, panitia seleksi cermati rekam jejak Capim KPK saat uji publik sebanyak 957 berita. 

Media massa melalui pemberitaannya berhasil menggiring pembaca untuk ikut memberikan penilaian terhadap proses pemilihan calon pimpinan KPK. Ini meneguhkan bagaimana kuatnya pengaruh media di tengah kehidupan masyarakat saat ini. 

Sponsored

Dari sejumlah pemberitaan capim KPK, riset Alinea.id mendapati sentimen pemberitaan di media online dan media cetak lebih bersifat netral. Ini bertolak belakang dengan 'penguasaan' isu di ruang publik, terutama media massa, oleh Koalisi Kawal Capim KPK.

Persentase media massa yang menempatkan berita proses pemilihan capim KPK dengan judul netral di media online dan cetak masing-masing sebesar 40% dan 51%. 

Media massa melalui pemberitaannya berhasil menggiring pembacanya untuk ikut memberikan penilaian terhadap calon pimpinan KPK.Alinea/Dwi Setiawan