sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Seleb TikTok dianggap bersalah mengejek gubernur di Nigeria

Pengacara penuntut Wada Ahmed Wada, menyampaikan, kedua pelaku itu telah mencemarkan nama baik gubernur

 Ghina Mita Yuniarsih
Ghina Mita Yuniarsih Selasa, 08 Nov 2022 17:16 WIB
Seleb TikTok  dianggap bersalah  mengejek gubernur di Nigeria

Seleb TikTok bernama Mubarak Isa Muhammed dan Muhammed Bula asal Nigeria dinyatakan bersalah, karena mencemarkan nama baik Gubernur Negara bagian utara Kano, Abdullahi Ganduje.

Mubarak Isa Muhammad dan Muhammad Bala ditangkap pekan lalu setelah memposting video mereka ke TikTok dan Facebook. Di ketahui dalam video tersebut, mereka mengejek Abdullahi Ganduje atas dugaan perampasan tanah, korupsi, dan tidur di tempat kerja.

Atas pencemaran nama baik tersebut, kedua seleb TikTok itu telah dijatuhi hukuman cambuk dan dipaksa untuk membersihkan pengadilan. Hal ini dikarena dampak dari penggunaan media sosial mereka untuk mengejek seorang pejabat pemerintah.

Tanggapan dari kedua pengacara pelaku tersebut Bashir Yusuf, mengatakan, mereka tidak akan menantang putusan tersebut. Karena meningat hal hukumannya “non-penahanan”. Artinya, mereka yang dihukum tidak akan dipenjara.

Pengacara penuntut Wada Ahmed Wada, menyampaikan, kedua pelaku itu telah mencemarkan nama baik gubernur dan tindakan yang mereka lakukan mampu mengganggu kedamaian publik.

Tindakan yang dilakukan oleh Mubarak Isa Muhammad dan Muhammad Bala diakui keduanya memang bersalah. Akan tetapi, mereka meminta keringanan hukuman.

Permintaan keringanan hukuman tesebut, hakim memerintahkan mereka untuk diberi masing-masing 20 cambukan, membayar denda 10.000 naira (£ 20) dan untuk membersihkan tempat pengadilan selama 30 hari.

Bukan hanya itu saja, mereka juga diperintahkan untuk meminta maaf secara terbuka kepada Abdullahi Ganduje melalui media sosial.

Sponsored

Untuk diketahui, kedua seleb TikTok tersebut memang sudah terbiasa mengejek tokoh masyarakat, termasuk pejabat pemerintah. Dalam videonya berisi potongan gambar atau video untuk membuat komedi yang menarik banyak pengikut ke akun mereka.

Nigeria mengumumkan, semakin banyak bintang media sosial yang menggunakan komedi untuk mengomentari masalah sosial dan politik. Dan juga adanya peningkatan pesat dalam pengguna TikTok dalam beberapa tahun terakhir, terutama di kalangan anak muda.

Negara Bagian Kano merupakan bagian mayoritas Muslim di Nigeria utara dan mempraktikkan sistem hukum Syariah di samping hukum sekuler negara itu. Hanya Muslim yang dapat diadili di pengadilan Syariah. (BBC.com)

Berita Lainnya
×
tekid