sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

3.243 jemaah haji dipulangkan ke Indonesia hari ini

Jumlah jemaah haji yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 78.369 orang hingga 8 Agustus 2022.

Gempita Surya
Gempita Surya Senin, 08 Agst 2022 20:54 WIB
3.243 jemaah haji dipulangkan ke Indonesia hari ini

Operasional penyelenggaraan ibadah haji 2022 memasuki hari ke-66 per 8 Agustus 2022. Pada hari ini, jemaah haji Indonesia yang dipulangkan sebanyak 3.243 orang.

Para jemaah haji yang hendak pulang tersebut tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) dan menuju 6 debarkasi. Keenam debarkasi tersebut, yakni Batam, Balikpapan, Palembang, Solo, Ujungpandang, dan Jakarta-Bekasi.

"[Sebanyak] 1.230 jemaah haji dan petugas dari 3 kloter akan diterbangkan menuju debarkasi Jakarta-Bekasi/JKS," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Akhmad Fauzin, dalam keterangan pers, Senin (8/8).

Kemudian, masing-masing 1 kloter menuju debarkasi Batam/BTH dengan jumlah jemaah dan petugas 450 orang, lalu 360 orang menuju debarkasi Balikpapan/BPN. Selain itu, 1 kloter yang terdiri dari 450 orang menuju debarkasi Palembang/PLM, 360 orang dari 1 kloter menuju debarkasi Solo/SOC, dan 389 jemaah haji dan petugas yang tergabung dalam 1 kloter mendarat di debarkasi Ujungpandang/UPG.

Adapun per 8 Agustus 2022, kata Akhmad, tercatat lebih dari 75.000 jemaah haji Indonesia telah mendarat di Tanah Air. "Sebanyak 78.369 orang."

Terkait jemaah sakit, Akhmad menyampaikan, ada 34 orang jemaah yang dirawat. Perinciannya, 16 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) dan 18 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

"Sementara, data jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 85 orang," terangnya.

Lebih lanjut, Akhmad menyampaikan, seluruh unsur Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang bertugas di wilayah Daerah Kerja Makkah telah dipulangkan ke Indonesia.

Sponsored

"Pemerintah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh petugas Daerah Kerja Makkah atas kerja keras dan kerja samanya. Dedikasi mereka sangat luar biasa dalam melayani jemaah, siang dan malam tidak mengenal waktu," papar Akhmad.

Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat turut mengapresiasi para petugas haji. Para petugas juga didoakan agar seluruh kerja kerasnya diganjar kebaikan dan berlipat ganda.

"Semoga Allah Swt membalas segala kerja kerasnya dengan kebaikan yang berlipat-lipat dan dimasukkan dalam golongan haji yang mabrur. Amin ya Rabbal alamin," tutup Akhmad.

Berita Lainnya
×
tekid