sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Asap tebal selimuti Cilegon akibat kebakaran TPSA

Sejumlah lingkungan permukiman warga di wilayah Cilegon diselimuti asap tebal hingga Senin (3/5).

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Senin, 05 Agst 2019 19:39 WIB
Asap tebal selimuti Cilegon akibat kebakaran TPSA
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 80094
Dirawat 37247
Meninggal 3797
Sembuh 39050

Sejumlah lingkungan permukiman warga di wilayah Cilegon diselimuti asap tebal hingga Senin (3/5). Kepulan asap itu terjadi akibat insiden kebakaran sampah di area Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung pada Sabtu (3/8) malam lalu.

Selain bau menyengat, tebalnya asap bahkan telah mengganggu jarak pandang yang hanya berada pada kisaran 300 meter. Untuk mengantisipasi gangguan kesehatan, pemotor maupun pejalan kaki yang melintasi lokasi yang terdampak harus mengenakan masker.

"Terjadinya penyebaran asap tebal di Cilegon karena peristiwa kebakaran TPSA, kejadian sudah dua hari lalu asap baru menyebar tadi pagi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ujang Iing saat dikonfirmasi, Senin (5/8).

Pihaknya sudah berupaya maksimal untuk mengantisipasi agar asap tebal sebagai dampak kebakaran dari areal sampah tersebut tidak sampai masuk ke pemukiman warga.

Sponsored

Dikatakan Ujang, luasan area sampah yang terbakar 6.000 meter persegi tersebut hingga saat ini belum berhasil dipadamkan secara keseluruhan. Pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus berupaya memadamkan api tersebut.

"Dari hari Minggu sudah kita tangani dengan Damkar dan BPBD tapi karena terbawa angin api susah dipadamkan. Sekarang masih rapat, besok baru kita action lagi," katanya.

Berita Lainnya