sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Baku tembak, satu anggota KKB tewas

Baku tembak tim gabungan TNI-Polri dengan KKB kembali terjadi di Papua

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 02 Mar 2021 21:18 WIB
Baku tembak, satu anggota KKB tewas
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Baku tembak antara polisi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terjadi di sekitar Kalikabur, Mile 53 PT Freeport Indonesia, Kabupaten Mimika, Papua.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal menjelaskan, peristiwa bermula pada Minggu (28/2) pukul 11.30 WIT.

Saat itu tim gabungan melaksanakan kegiatan patroli di sekitar Kalikabur, Mile 53 PT Freeport Indonesia. Kemudian, tim gabungan TNI dan Polri mendapatkan gangguan tembakan oleh KKB dari arah sebelah kiri Kalikabur.

"Dari hasil pemantuan diketahui ada enam orang KKB dan terlihat membawa dua pucuk senjata api laras panjang," kata Kamal dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Selasa (2/3).

Dari kontak tembak tersebut, kata Kamal, satu anggota KKB dilumpuhkan. Sedangkan lainnya melarikan diri ke dalam hutan. Selanjutnya, Kamal mengungkapkan, pada pukul 09.35 WIT kemarin (1/3), tim gabungan berkumpul di Mile 50 untuk berangkat ke lokasi kejadian guna mendalami peristiwa itu.

"Tim berhasil menemukan satu jenazah jenis kelamin laki-laki di depan camp yang sudah kosong," ucapnya.

Lalu, pada pukul 10.00 WIT tim melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan kembali mendapatkan gangguan tembakan dari arah ketinggian oleh KKB. Namun, satu jenazah tetap dapat dibawa ke rumah sakit untuk menjalani proses identifikasi.

"Identitas KKB yang meninggal dunia adal Ferry Ellas (27)," tuturnya.

Sponsored

Dalam proses olah TKP, tim juga mengamankan barang bukti berupa satu buah tas ransel warna hitam, sembilan buah HP, empat buah dompet, satu buah power bank, empat buah senter kepala, dan satu buku agenda.

Berita Lainnya