sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Berkas PTDH Ferdy Sambo segera rampung, selanjutnya diserahkan ke Setneg

Pemecatan itu berdasarkan hasil Sidang Komisi Kode Etik Polri.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Kamis, 22 Sep 2022 14:56 WIB
Berkas PTDH Ferdy Sambo segera rampung, selanjutnya diserahkan ke Setneg

Kepolisian mulai menjalankan proses administrasi ke sekretariat negara atas pemecatan terhadap Ferdy Sambo dari Korps Bhayangkara. Pemecatan itu berdasarkan hasil Sidang Komisi Kode Etik Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, penyerahan akan dilakukan setelah proses administrasi dalam internal Polri usai. Proses itu berjalan maksimal selama lima hari setelah putusan.

“Setelah dari SDM (internal Polri) nanti ditujukan ke Setneg. Setneg langsung dapat Kepresnya dan kepresnya kita serahkan ke pelanggarnya (Ferdy Sambo),” kata Dedi kepada wartawan, Kamis (22/9). 

Dedi menyebut, proses di internal untuk memenuhi kelengkapan secara administrasi sebagai berkas pengusulan untuk pemecetan. Setelah itu, berkas disampaikan ke Sekretariat Negara dan dari sana akan memberikan putusan atas pemecetan tersebut sebagai bentuk resmi.

“Iya untuk administrasinya saja ya, administrasi untuk pengusulan (pemecatan),” ujar Dedi.

Awal pekan ini, Komisi Sidang Etik Polri menolak memori banding dari tersangka pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J, Ferdy Sambo. Jenderal bintang dua itu kini resmi ditendang dari Korps Bhayangkara.

Dedi mengatakan, sidang tersebut telah dipimpin oleh Irwasum Polri Komjen Agung dengan empat anggota komite. Sidang juga telah berjalan selama tiga jam.

"Seluruh hakim tadi sepakat menolak memori banding yang diajukan Irjen FS, dan menguatkan pemberhentian tidak dengan hormat Irjen FS dari anggota kepolisian," kata Dedi kepada wartawan, Senin (19/9).

Sponsored

Dedi menegaskan, sidang banding ini bersifat final dan tidak ada lagi upaya hukum terhadap dirinya. Kurang dari satu minggu proses administrasi selesai. 

Ketika selesai, segala berkas dan dokumen terkait akan diserahkan kepada Sambo. Sehingga, Polri tidak akan melakukan aktivitas ceremonial terhadap Sambo 

"Kalau sudah diserahkan nanti berarti sudah diberhentikan dengan tidak hormat. Jadi gak ada ceremonial, diserahkan aja sudah bentuk ceremonial itu," ujar Dedi.

Berita Lainnya
×
tekid