logo alinea.id logo alinea.id

BNN gagalkan penyelundupan 11 kilogram sabu

Sabu disembunyikan di truk ekspedisi di Pelabuhan Bakau Bandar Jaya (BBJ) Bojonegara.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Minggu, 10 Feb 2019 21:33 WIB
BNN gagalkan penyelundupan 11 kilogram sabu

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan penyelundupan 11 kilogram sabu di Pelabuhan Bakau Bandar Jaya (BBJ) Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (10/2). Para pelaku menggunakan dua unit truk ekspedisi dalam penyelundupan. 

"Iya, tadi siang sekitar jam 2 siang. Tersangka sama barang bukti sudah dibawa ke (Kantor Pusat BNN) Cawang," kata Kepala BNN Provinsi Banten Brigjen Tantan Sulistyana saat dikonfirmasi  wartawan. 

Informasi mengenai upaya penyeludupan 11 kilogram sabu menggunakan dua truk itu diperoleh dari laporan masyarakat kepada petugas BNN. BNN pusat kemudian berkoordinasi dengan BNNP Banten untuk mengejar terhadap kedua truk tersebut. 

Dibantu Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Merak dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten memberhentikan dan menggeledah kedua truk di Pelabuhan BBJ.

Sponsored

Dengan dibantu anjing pelacak (K-9), tim gabungan tersebut akhirnya menemukan 10 bungkus besar dan 7 buah bungkus kecil yang diduga narkoba jenis sabu dengan berat sebanyak 11 kilogram di salah satu truk. Sabu disembunyikan di bak kayu bagian depan. 

Usai penggeledahan, aparat langsung mengamankan barang bukti bersama supir truk bernama Adnan A Razak dan Maimun. Barang bukti dan tersangka digelandang ke BNN pusat sedangkan dua unit truk yang membawa sabu dititipkan di BNNP Banten.

"Kita cuma membantu saja. Barang bukti yang dititipkan ke kita hanya truknya saja. Kalau sabu dan tersangka sudah dibawa semua," ujar Tantan.