sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BNPB: Status Gunung Semeru menjadi level siaga

Gunung Semeru masih menunjukkan keadaan yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan di wilayah Kabupaten Lumajang.

 Kania Nurhaliza
Kania Nurhaliza Jumat, 17 Des 2021 21:19 WIB
BNPB: Status Gunung Semeru menjadi level siaga

Status darurat Gunung Semeru ditingkatkan dari level dua menjadi level tiga. Hal ini disebabkan masih terlihat tanda kerawanan bencana, yaitu terjadinya peningkatan gempa guguran.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan bahwa pada tanggal 16 Desember terjadi guguran awan panas serta terjadi peningkatan gempa guguran dalam kurun waktu tiga hari terakhir. Dengan aktivitas gunung Semeru yang masih tinggi tersebut, maka Badan Geologi menyatakan peningkatan status dari level waspada (level 2) menjadi level siaga siaga (level 3) diberlakukan terhitung mulai tanggal 16 Desember 2021 pukul 23.00 WIB.

“Dari kenaikan level ini, ada beberapa implikasi yang harus dipatuhi oleh pemerintah daerah dan juga tentunya oleh masyarakat. Pertama, tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak. Kedua, tidak beraktivitas pada radius 5 km dari puncak Gunung Api Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar). Ketiga, mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru,” jelas Muhari dalam konferensi pers terkait update penanganan bencana yang terjadi pada pertengahan bulan Desember 2021 pada, Jumat (17/12).

Sebelumnya Bupati Lumajang menetapkan status tanggap darurat Erupsi Gunung Semeru selama 14 hari terhitung mulai tanggal 4 Desember 2021 - 17 Desember 2021.

Sponsored

Perpanjangan status tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru ditetapkan selama 7 hari terhitung 18 - 24 Desember 2021. Bupati Lumajang menimbang bahwa berdasarkan hasil kajian situasi lapangan berkaitan dengan perkembangan terakhir, Gunung Semeru masih menunjukkan keadaan yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan di wilayah Kabupaten Lumajang, sehingga masih perlu dilakukan upaya penanggulangan darurat.

Berita Lainnya
×
tekid