sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Buya Syafi'i meninggal, Jokowi bertolak ke Yogyakarta 

Buya Syafi'i meninggal dunia pada umur 86 tahun, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Jumat, 27 Mei 2022 14:42 WIB
Buya Syafi'i meninggal, Jokowi bertolak ke Yogyakarta 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Yogyakarta setelah mendengar kabar meninggalnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafi'i Maarif, Jumat (27/5). Jokowi ke Yogyakarta untuk bertakziah dan menyampaikan belasungkawa secara langsung kepada segenap keluarga almarhum.

Jokowi berangkat ke Yogyakarta didampingi perangkat terbatas lepas landas sekitar pukul 13.50 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Dalam jadwalnya, setiba di Yogyakarta Jokowi akan langsung menuju Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta tempat disemayamkannya almarhum.

Berdasarkan keterangan Biro Sekretariat Presiden, Jokowi berangkat dari Istana Merdeka sekitar pukul 12.30 WIB selepas melaksanakan salat jumat di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan. Ia menuju hanggar milik Garuda Maintenance Facility (GMF) Kawasan Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang tempat Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 terparkir. 

Turut mendampingi Presiden Jokowi yaitu Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani berduka atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Menurutnya, Bangsa Indonesia kehilangan tokoh besar dengan kepergian cendekiawan muslim itu.

"Atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPR RI, saya sampaikan dukacita mendalam atas wafatnya Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif. Indonesia kehilangan satu lagi sosok guru bangsa," ujar Puan dalam keterangannya, Jumat (27/5)

Puan secara pribadi mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya Buya Syafi'i. Hubungan Puan dengan ulama kelahiran 31 Mei 1935 tersebut sangat dekat dan sudah seperti keluarga.

"Beliau sosok yang sangat mengayomi, bijaksana. Kedekatan kami bisa dikatakan seperti seorang cucu dengan kakeknya, karena saat bertemu saya bisa bicara santai dan akrab. Banyak hal dan ilmu yang saya dapatkan jika sedang berdiskusi dan berbincang dengan beliau," ungkap Puan.

Sponsored

Buya Syafi'i meninggal dunia pada umur 86 tahun, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping. Buya dirawat di rumah sakit sejak 14 Mei 2022 lalu usai mengalami sesak napas.

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid