sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Istri terduga teroris Sibolga ledakkan diri bersama anaknya

Istri terduga teroris di Sibolga memutuskan meledakkan dirinya sendiri pada Rabu, (13/3) sekitar pukul 02.00 WIB.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 13 Mar 2019 09:00 WIB
Istri terduga teroris Sibolga ledakkan diri bersama anaknya

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan istri terduga teroris di Sibolga memutuskan meledakkan dirinya sendiri saat terkepung polisi pada Rabu, (13/3) sekitar pukul 02.00 WIB.

“Informasi dari lapangan, istri terduga teroris di Sibolga meledakkan diri sekitar pukul 02.00 WIB. Saat ini tim sedang melaksanakan sterilisasi olah tempat kejadian perkara dan evakuasi terduga pelaku peledakan,” kata Dedi Prasetyo melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta pada Rabu, (13/3).

Dedi menjelaskan, Abu Hamzah tak sendiri ketika memilih meledakkan dirinya. Ia mengajak serta anaknya laki-laki yang baru berusia tiga tahun. Namun, Dedi tidak mengetahui secara pasti jumlah ledakan bom tersebut hingga mengakibatkan istri dan anak dari terduga teroris Husein alias Abu Hamzah itu tewas. 

Untuk mengevakuasi jasad keduanya, kata Dedi, polisi masih menunggu tim laboratorium forensik dan inafis Polri yang saat ini menuju lokasi ledakan. Pihak kepolisian masih mengamankan lokasi kejadian dan belum bisa masuk.

Alasannya, lanjut Dedi, diduga masih ada sisa-sisa bom tercecer yang dapat melukai petugas apabila tidak berhati-hati. Setelah adanya bom bunuh diri tersebut, secara umum kondisi Sibolga saat ini sudah kondusif.

Sebelumnya, hingga Selasa malam (12/3), Tim Densus 88 masih terus melakukan negosiasi terhadap istri Husein alias Abu Hamzah yang tidak mau keluar rumah sambil mengancam meledakkan bom lebih kuat dari sebelumnya. Baru pada Rabu (13/3) sekitar pukul 01.20 WIB sempat terjadi dua kali ledakan bom berturut-turut.

Akibat ledakan bom tersebut, warga sekitar berhamburan menyelamatkan diri. Tampak kepulan asap tebal ada di sekitar atap rumah terduga teroris Abu Hamzah setelah ledakan itu. Diduga kuat, istri terduga teroris melemparkan bom itu ke arah rumah warga dari atas rumahnya. Petugas pun langsung bergerak untuk melakukan pengecekan ke lokasi ledakan bom.

Selanjutnya, polisi langsung melakukan evakuasi terhadap warga yang masih berada di sekitar lokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Sibolga, Sumatra Utara. Adapun terduga teroris Abu Hamzah sudah diamankan Densus 88 pada Selasa (12/3) sore.

Sponsored

"Kami meminta kepada seluruh masyarakat agar segera meninggalkan lokasi, karena warga yang tinggal di sekitar ledakan sudah dievakuasi semuanya. Kami minta agar warga segera meninggalkan tempat ini demi keselematan kita bersama," kata polisi kepada warga. 

Berita Lainnya

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB