sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jabar dan Banten akan ajukan PSBB

Ridwan Kamil: Kota Bogor, Depok, Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Bogor akan ajukan PSBB.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Rabu, 08 Apr 2020 16:48 WIB
Jabar dan Banten akan ajukan PSBB
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 396.454
Dirawat 60.694
Meninggal 13.512
Sembuh 322.248

Jawa Barat (Jabar) dan Banten akan menyusul menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, sepakat bahwa Jabodetabek menjadi satu klaster dalam penanganan Covid-19.

Sebab, sejumlah daerah itu merupakan epicentrum penyebaran virus SARS-CoV-2 di Indonesia. Jika, dipisah berdasarkan administrasi kepemerintahan. Maka, diperkirakan menjadi tidak efektif dalam penanganan Covid-19. Namun, ini belum diputuskan secara resmi.

"Cuma, kan, akhirnya keputusannya ada pada Presiden, ya. Karena, Wapres hanya membantu saja supaya semuanya lancar," kata juru bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, saat dihubungi wartawan, Rabu (8/4).

Masduki menjelaskan, Jabodetabek menjadi klaster karena di ibu kota ini menyangkut masyarakat yang tinggal di daerah sekitarnya. Sehingga, dapat dikatakan epicentrum Covid-19, bukan hanya di Jakarta, melainkan juga daerah di sekitarnya.

"Karena Jabodetabek, kan, epicentrumnya. Sehingga, kalau itu bisa ditangani, maka sebagian besar masalah akan selesai," ujar Masduki.

Dia mengatakan, Ma'ruf Amin menyepakati itu dalam rapat koordinasi (rakor) yang dilaksanakan kemarin (7/4). Rakor diikuti, Gubernur DKI Anies Beswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Lalu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Achmad Yurianto, mewakili Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Di situ para gubernur, berikan masukan seperti itu. Lantas, kemudian  dicatat dengan baik oleh Wapres. Dan Wapres minta, kepada Doni Monardo, agar itu nanti dibahas bersama dengan presiden," jelas dia.

Sponsored

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, usai rakor melalui video conference dengan kepala daerah Kota Bogor, Depok, Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Bogor. Dia mengakui, sudah menyepakati wilayah tersebut akan mengajukan status PSBB kepada pemerintah pusat secara bersamaan.

Ridwan Kamil mengatakan, wilayah Bodebek harus menjadi satu klaster Covid-19, bersama DKI Jakarta. Sebab, telah menjadi epicentrum penyeberan virus SARS-CoV-2. "Pak Wapres menyepakati, agar kota-kota di Jabar dan Banten yang masuk Jabodetabek, mengajukan PSBB," ucapnya.

Berita Lainnya