sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kapolri Sigit beberkan agenda pengawalan tahun 2023

Dalam Rapim Polri juga membahas soal mengantisipasi seluruh wilayah yang rawan konflik.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 10 Feb 2023 13:04 WIB
Kapolri Sigit beberkan agenda pengawalan tahun 2023

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengemban beberapa agenda sebagai kesimpulan yang didapatkan dari Rapat Pimpinan (Rapim) Polri tahun 2023 di Hotel Sultan, Jakarta. Kegiatan tersebut menekankan soal peran aparat kepolisian dalam mengawal seluruh kebijakan Pemerintah hingga menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, salah satu agenda tersebut adalah pengawalan dalam rangka menghadapi seluruh rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Dalam mengawal Pemilu 2024, Sigit menekankan soal menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Dan juga kesiapan menghadapi tahapan Pemilu 2024 tentunya kita juga persiapkan langkah dari persiapan pengamanan, langkah untuk meredam terjadinya polarisasi atau hal-hal yang mengarah ke politik identitas dengan cooling system bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh daerah dan seluruh elemen masyarakat," kata Sigit dalam keterangan, Jumat (10/2). 

Selain itu, TNI dan Polri juga akan siap mengawal dan mengamankan seluruh agenda internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Diantaranya yang dilaksanakan dalam waktu dekat, yakni Formula 1 (F1) Powerboat yang digelar di Danau Toba Medan pada 25-26 Februari 2023.

"Itu harus kita amankan juga, karena memang ini berdampak terhadap bangsa kita dan juga multiplier effect untuk masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dan juga, pelaksanaan Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia. Dalam hal ini, Polri telah mengundang pengajar dari Inggris dalam rangka manajemen penyelenggaraan kompetisi sepak bola. 

“Ada U-20 yang sebentar lagi kita laksanakan, dan kita beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan pelatihan dengan menghadirkan pelatih dari Conventry University Inggris yang diikuti oleh beberapa personel baik dari LIB maupun personel polisi," ucap Sigit. 

Disisi lain, Sigit menuturkan, dalam Rapim Polri juga membahas soal mengantisipasi seluruh wilayah yang rawan konflik. Selain itu, Rapim ini juga menyinggung soal peningkatan kualitas pelayanan Polri terhadap masyarakat. 

Sponsored

Lebih jauh, Sigit menyebut, Polri bersama TNI juga akan fokus melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ia sangat menekankan kepada Polda jajaran yang wilayahnya rawan Karhutla untuk menanggulangi hal tersebut. 

"Juga kesiapan dari ASAP digital aplikasi untuk memantau apabila terjadi kebakaran, alat-alat yang harus disiapkan manakala terjadi kebakaran. Itu semua kita minta untuk aktifkan sehingga begitu ada titik hotspot segera bisa dipadamkan," kata Sigit menjelaskan.

Menurut Sigit, Rapim Polri ini menindaklanjuti arahan dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ketika membuka Rapim TNI-Polri, khususnya soal mengawal program kebijakan nasional yakni investasi, mengawal investasi industri, mengawal kebijakan nasional. 

Namun di satu sisi, Polri juga diminta tidak boleh lepas tugas dan tanggung jawab terkait tugas pokoknya. Yakni untuk melaksanakan kamtibmas dan penegakan hukum.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid