sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lima ruas tol terendam, Jasa Marga minta maaf

Lima ruas tol Jasa Marga terendam banjir imbas hujan lebat

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Sabtu, 20 Feb 2021 13:01 WIB
Lima ruas tol terendam, Jasa Marga minta maaf
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat terdapat lima titik banjir di lima ruas jalan tol area Jabodetabek pascadiguyur hujan pada Sabtu (20/2) dini hari.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasamarga, Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya tengah menangani titik genangan air di ruas tol tersebut agar tidak mengganggu para pengendara.

"Kembali diguyur curah hujan yang sangat tinggi sejak dini hari tadi, PT Jasa Marga saat ini tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jasa Marga," kata Heru, dalam keterangannya, Sabtu (20/2).

Adapun lima ruas tol yang terendam banjir yakni, Jalan Tol Jakarta Cikampek, genangan air terjadi di KM 09B arah Jakarta.

"Saat ini genangan di Lajur (L) 1 s.d L2, kendaraan masih bisa melintasi L3-L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa," tutur dia.

Tak hanya itu, akses masuk Gerbang Tol (GT) Jatibening arah Jakarta juga tergenang. Kendaraan yang akan masuk tol,  dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin atau Pondok Gede.

"Km 19B, saat ini genangan di Lajur 1 sampai 2, lajur 3 dan 4 dapat dilalui semua kendaraan. Lajur 1 dan 2 masih bisa dilintasi kendaraan besar," katanya.

Lajur kiri GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, juga tergenang. Hanya saja, lajur kanan masih dapat dilintasi pengendara. Kemudian, seluruh lajur GT Cibitung 7 arah Jakarta tergenang air. Namun, lajur kanan masih dapat dilintasi pengendara.

Sponsored

Selanjutnya, Jalan Tol Jakarta Tangerang arah Tangerang. Simpang Susun (SS) Bitung akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas kendaraan dari arah Cikupa. Rencananya, arus akan keluar pada KM 19 Tangerang.

Sementara itu, KM 24 A, lajur 2 sampai lajur 4 sudah bisa dilintasi saat ini. Petugas masih menangani air agar keluar dari ruas tol dengan pompa.

"Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa," kata Heru.

Heru menambahkan, Tol Jorr: Pondok Ranji-Serpong masih ada genangan air di KM 8+600 ruas BSD arah Serpong. Sementara ini, Jasa Marga akan menutup GT Pondok Ranji Utama arah BSD, dan dialihkan ke Bintaro. Selanjutnya, Jalan Tor Jagorawi, terdapat genangan air di KM 3+800 arah Jakarta.

"Saat ini lajur 3 dan lajur 4 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan pemasangan tanggul dan penanganan dengan pompa," ucap Heru.

Terakhir, terdapat genangan air di Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, di KM 00+200 SS Cawang, arah Tanjung Priok.

"Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tanjung Priok, saat ini lajur 2 tergenang. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota," kata Heru.

Tas kejadian ini, Jasa Marga meminta maaf bagi pengendara terdampak banjir di sejumlah titik tersebut. Antisipasi perjalanan melalui informasi, sambungnya, dapat diakses melalui Call Center Jasa Marga 24 jam, di nomor telepon 14080 dan Twitter @PTJASAMARGA.

Berita Lainnya