sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ma'ruf Amin akui perannya tak menonjol dibanding Jokowi

Wapres tak ingin ada 'matahari kembar' dalam pemerintahan.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Rabu, 29 Jan 2020 20:11 WIB
Ma'ruf Amin akui perannya tak menonjol dibanding Jokowi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1790
Dirawat 1508
Meninggal 170
Sembuh 112

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengakui perannya dalam pemerintahan tidak menonjol dibandingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena tidak ingin ada ‘matahari kembar’ dalam pemerintahan.

“Kan saya ini wakil presiden, yang nonjol kan presiden. Kalau wakil presidennya menonjol nanti ada matahari kembar,” kata Wapres Ma’ruf Amin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (29/1).

Tapi sebagai wakil presiden, lanjut Ma’ruf, ia sudah menjalankan semua tugas-tugas yang diberikan presiden seperti rapat kabinet.

“Saya menjalankan tugas-tugas saya, mengemban, mewakili presiden kemana-mana, rapat kabinet, menyampaikan pendapat-pendapat di rapat kabinet,” jelasnya.

Sponsored

Tugas Wapres, kata ulama senior NU ini, lebih ke arah koordinasi antarsektor. Seperti mengkoordinasi UMKM, radikalisme, stunting, dan reformasi birokrasi. Adapun operasional kebijakan akan diserahkan Wapres kepada menteri-menteri terkait.

“Jadi berbagai rapat koordinasi, stunting juga saya koordinasikan, tugas saya seperti itu. Tugasnya wapres saya kira seperti, membantu presiden dan menangani tugas-tugas yang ditugaskan kepada saya wapres,” pungkasnya.

Ma’ruf Amin genap 100 hari mendampingi Presiden Jokowi sebagai wakil presiden setelah telah resmi dilantik oleh MPR RI menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 pada 22 Oktober 2019. (Ant)

Berita Lainnya