sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menteri Agama enggan bahas pemulangan WNI eks ISIS

Menteri Agama tidak ingin melangkahi Mahfud MD selaku koordinator penanggung jawab.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Senin, 10 Feb 2020 16:57 WIB
Menteri Agama enggan bahas pemulangan WNI eks ISIS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 506.302
Dirawat 64.878
Meninggal 16.111
Sembuh 425.313

Menteri Agama Fachrul Razi sudah enggan berbicara mengenai wacana pemulangan 600 orang WNI eks ISIS dari Timur Tengah. Alasannya, semua pembahasan mengenai hal itu telah dilimpahkan kepada Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Nanti kalau beliau minta, saya kasih masukan. Saya enggak boleh lagi ngomong di sini, karena sudah ada rapat di Kemenko Polhukam," jelasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/2).

Kendati demikian, dia menegaskan, ia bungkam urusan wacana pemulangan 600 WNI eks ISIS ini bukan lantaran dilarang berbicara. Melainkan hanya persoalan etis. Ia tidak ingin melangkahi Mahfud MD selaku koordinator penanggung jawab.

"Kalau sudah ditunjuk koordinir, kemudian kita yang ngomong enggak baik," kata dia.

Sponsored

Intinya, kata Fachrul, semua akan dibahas. Segala aspek akan dibicarakan. Salah satunya keterkaitan keluarga WNI bekas kombatan ISIS.

Wacana pemulangan 600 WNI eks ISIS ini dibeberkan oleh Fachrul Razi dalam sambutannya di acara deklarasi Organisasi Masyarakat Pejuang Bravo Lima di Ballroom Discovery Ancol Hotel, Taman Impian Jaya Ancol pada Sabtu (1/2).

Pada kesempatan itu, Fachrul mengaku mendapat informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ihwal wacana tersebut. Adapun alasan wacana itu dilandasi oleh rasa kemanusiaan karena banyak dari mereka (WNI eks ISIS) terlantar.

Berita Lainnya