sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pelaku teror bom di masjid Kalteng gunakan sabu saat beraksi

Iwan sering menonton video Youtube mengenai bom dan terorisme.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 04 Mei 2020 09:56 WIB
Pelaku teror bom di masjid Kalteng gunakan sabu saat beraksi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Pelaku teror bom rakitan di Masjid Nurul Yaqin, Kuala Pembuang, Seruyan Hilir, Seruyan, Kalimantan Tengah, berinisial HG alias Iwan, menggunakan narkoba sebelum melakukan aksinya. Hal itu diketahui usai polisi melakukan tes urine terhadap Iwan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Tengah Kombes Hendra Rochmawan mengatakan, hasil pemeriksaan menunjukkan Iwan melakukan teror bom tersebut di bawah pengaruh narkoba.

"Sudah dites urine dan dia melakukan itu saat berhalusinasi efek sabu," kata Hendra saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin (4/5).

Hasil pemeriksaan terhadap Iwan juga tidak menunjukkan dirinya memiliki keterkaitan dengan jaringan teroris yang kerap beraksi di Indonesia. Selanjutnya, penyidik akan melakukan tes kejiwaan guna memastikan kondisi psikis Iwan.

Sponsored

Adapun tindakan Iwan melakukan teror tersebut di antaranya dipengaruhi oleh kesukaannya menonton vido-video di Youtube. Menurut Hendra, Iwan terdoktrin video-video mengenai bom dan teroris. Selain itu, Iwan memang memilik kemampuan merakit alat-alat elektronik.

"Dia suka nonton Youtube tentang bom dan teroris, serta kesukaannya merakit elektronik menjadi saluran, akhirnya jadi hobi yang bahaya," kata Hendra.

Sebagaimana diketahui, teror bom di Masjid Nurul Yaqin terjadi pada Jumat (1/5) pukul 18.20 WIB. Pelaku tertangkap dari hasil pemeriksaan CCTV masjid.

Berita Lainnya