sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Alasan polisi tak izinkan Surya Anta berobat di luar Polda Metro

Polisi disebut tidak pernah menghalangi proses pemulihan kesehatan Surya Anta.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 08 Okt 2019 18:35 WIB
Alasan polisi tak izinkan Surya Anta berobat di luar Polda Metro
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra, membeberkan alasan pihak kepolisian tak mengizinkan Juru Bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua, Surya Anta, untuk berobat di luar tahanan atau rumah sakit. Itu karena sakit yang diderita aktivis Papua itu tidak terbilang parah.

“Polisi bukan tidak mengizinkan Surya Anta ditangani tim medis rumah sakit. Namun penyakit yang diderita Surya Anta masih dapat ditangani oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya,” kata Asep di Jakarta pada Selasa (8/10).

Menurut Asep, sejak mengetahui Surya Anta jatuh sakit tim dokter Polda Metro Jaya langsung turun tangan untuk mengobatinya. Polisi, kata dia, tidak pernah menghalangi proses pemulihan kesehatan Surya Anta. Ia meyakini pengobatan yang diberikan tim dokter Polda Metro Jaya sudah cukup. Terlebih juga didukung dengan sejumlah alat medis yang terbilang lengkap.

“Sakitnya sudah diobati oleh tim dokkes kami. Kita bisa untuk menangani keluhan-keluhan tersebut. Jadi, belum perlu untuk berobat keluar,” ujar Asep. 

Lebih lanjut, Asep menuturkan, tudingan yang dilontarkan tersangka penyebaran berita bohong, Veronica Koman soal Surya Anta tidak benar. Pasalnya, penanganan terhadap seseorang yang ditahan itu diatur dalam undang-undang. 

Sebelumnya, Veronica menyebut polisi tidak mengizinkan tersangka Surya Anta mendapatkan perawatan di rumah sakit. Pernyataan Veronica itu disampaikan melalui cuitan di Twitter setelah mendapat informasi dari keluarga Surya Anta.  Namun, tidak dijelaskan penyakit yang diderita oleh Surya Anta. 

“Jadi, tidak benar tudingan Veronica Koman seperti itu,” tutur Asep

 

Sponsored
Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya