sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polres-Polsek di Papua periksa senjata anggota

50 senjata dipastikan dalam kondisi baik

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 01 Mar 2021 23:15 WIB
Polres-Polsek di Papua periksa senjata anggota
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Kepolisian resor (Polres), kepolisian sektor (Polsek) hingga Polsubsektor di Papua menggelar pemeriksaan senjata beserta amunisi yang diperuntukan bagi anggota saat menjalani tugas. Pemeriksaan itu dilakukan guna mencegah peristiwa penjualan senjata dan amunisi oleh anggota.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal menyatakan, pengecekan juga dilakukan kepada anggota dan kepada siapa saja senjata itu diberikan.

"Pemeriksaan dilakukan di Polres Marauke, Polsek Abe dan Polsubsektor Heram," kata Kamal dalam keterangan resminya, Senin (1/3).

Menurut Kamal, sebanyak 50 senjata api dinas dilakukan pengecekan, meliputi pemeriksaan kebersihan fisik, standar fisik dan izin pemegangan senjata api.

Sponsored

"Dari pengecekan tidak ditemukan pelanggaran oleh personel dan senjata api dalam keadaan baik," tuturnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat telegram mengenai perintah memperketat peminjaman senjata api (senpi) terhadap seluruh anggota. Surat telegram bernomor ST/396/II/HUK.7.1./2021 itu ditandatangani oleh Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono.

Dalam surat telegram resmi tersebut disebutkan pemberian senpi hanya dilakukan bagi anggota yang memenuhi syarat dan tidak bermasalah. Seluruh Kapolda juga diperintahkan untuk terus memperkuat pengawasan dan pengendalian dalam penggunaan senpi tersebut.

Berita Lainnya