sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri bakal bangun 34 polres baru antisipasi ancaman keamanan

Polri hendak membangun 34 polres baru tahun depan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 14 Sep 2020 12:36 WIB
Polri bakal bangun 34 polres baru antisipasi ancaman keamanan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 236519
Dirawat 55000
Meninggal 9336
Sembuh 170774

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tengah merencanakan pendirian puluhan kepolisian resor (polres) baru di sejumlah wilayah Indonesia pada 2021. 

"Sudah ada fokus pembangunan polres baru. Ada 34 polres baru," kata Wakil Kepala Polri Komjen Gatot Eddy Pramono dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR seperti disiarkan secara daring, Senin (14/9).

Menurut Gatot, pembangunan 34 polres baru itu atas pertimbangan ancaman dan tantangan ke depan yang telah dianalisa Polri. Kendati demikian, ia belum dapat merinci di mana saja polres baru itu didirikan.

Gatot juga membeberkan bahwa pihaknya tengah mengkaji pemisahan beberapa polres yang berada di wilayah irisan Jakarta. Polres tersebut masih di bawah koordinasi Polda Metro Jaya.

Sponsored

"Kami sedang menganalisa apakah masih harus seperti itu atau tidak. Karena penempatan polres itu berdasarkan analisa ancaman dan kesigapan back up apabila ada suatu peristiwa," ujar Gatot.

Sebagaimana diketahui, beberapa polres seperti Tangerang Selatan dan Bekasi masih berada di bawah Polda Metro Jaya. Hal ini lantaran bila ada suatu peristiwa di Polres Tangerang Selatan akan lebih jauh mendapat back up dari Polda Banten, begitu pun dengan Polres Bekasi diback up dengan Polda Jawa Barat.

"Sampai saat ini masih dalam pengkajiaj dan belum diputuskan," ucap Gatot.

Berita Lainnya