sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Babak pertama semifinal AFF Indonesa-Vietnam: Skor masih kaca mata

Pasukan Garuda mampu bangkit dan menciptakan sederet peluang emas tetapi gagal menciptakan gol.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 06 Jan 2023 17:52 WIB
Babak pertama semifinal AFF Indonesa-Vietnam: Skor masih kaca mata

Pertandingan babak pertama semifinal leg pertama Piala AFF antara Indonesia vs Vietnam berakhir dengan skor kaca mata.

Menurut pantauan Alinea.id, pertandingan dibuka dengan mengheningkan cipta bagi sang legenda asal Brasil, Pele, yang telah meninggal dunia pada awal 2023. Indonesia terlihat menggunakan skema 3-4-2-1 dengan Dendy Sulityawan menjadi ujung tombak penyerangan.

Selang lima menit dari pluit mulainya pertandingan, Marselino Ferdinan mendapat pelanggaran keras dari pemain Vietnam, Vu Van Thanh. Saat itu, Marselino sedang menguasai bola untuk melancarkan serangan balik dari lini tengah.

Vietnam menciptakan peluang berbahaya di menit ke-13 melalui skenario sepak pojok. Nguyen Quang Hay yang berdiri bebas di kotak penalti mencoba untuk melepaskan tendangan voli, namun bola masih melenceng di atas mistar gawang.

Kemudian pada menit ke-15, Indonesia harus menerima hujaman bola-bola liar dari Vietnam. Vietnam memegang kendali permainan. Skuad arahan Park Hang Seo ini terus berupaya membangun serangan dari bawah.

Namun, serangan yang dibangun Vietnam kerap kandas sebelum masuk ke kotak penalti. Sekali umpan silang dilancarkan Vietnam tetapi masih bisa dihalau pertahanan skuad Garuda yang dipimpin Fachruddin Aryanto dan Jordi Amat.

Setelah sempat tertekan hingga pertengahan babak pertama, pasukan Garuda mampu bangkit dan menciptakan sederet peluang emas melalui kaki Marselino Ferdinan, Yakob Sayuri, dan Dendy Sulistyawan. Sayang, tak ada satupun peluang tersebut bisa dikonversi jadi gol.

Indonesia sesekali serangan membalas serangan. Pada menit ke-20, ada umpan cantik dari Marselino ke kotak penalti dan berhasil dikejar Dendy. Kala berhadapan dengan kiper, Dendy tidak melepas tembakan, namun memberikan umpan kepada rekannnya. Sayang, umpan itu berhasil dipotong oleh Vietnam.

Sponsored

Selang lima menit, ancaman kembali dilancarkan Timnas Garuda. Yahob Sayuri berhasil menembus jantung pertahanan Vietnam dengan umpan tarik.

Pemain Vietnam sempat memutuskan laju umpan tersebut. Tetapi, Sayuri kembali mengambil bola liar itu dan melepaskan tembakan yang deras mengalir lewat sisi kiri gawat Vietnam dan berhasil diblok.

Semenit berselang, Yakob Sayuri mencoba menyambar umpan silang Pratama Arhan dengan sundulan keras. Namun, upaya pemain PSM Makassar itu masih bisa diblok Dang Van Lam yang tampil gemilang.

Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan; Dendy Sulistyawan.

Vietnam: Dang Van Lam, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Vu Van Thanh, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Nguyen Tienh Linh.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid