sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kendati kalah dari Vietnam, PSSI mengaku masih menyimpan optimisme

Indonesia menghadapi Timor Leste pada 10 Mei, Filipina pada 13 Mei, dan juga melawan Myanmar pada 15 Mei.

 Hasbie Ibnu Harris
Hasbie Ibnu Harris Jumat, 06 Mei 2022 21:52 WIB
Kendati kalah dari Vietnam, PSSI mengaku masih menyimpan optimisme

Indonesia harus mengakui kekuatan Vietnam di laga pembuka SEA Games cabang olahraga sepak bola yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5).

Sepanjang babak pertama, Timnas Indonesia dan juga Timnas Vietnam masih sama-sama kesulitan untuk membobol gawang, 

Serangan Timnas Indonesia sangat sering terhenti di sepertiga akhir pertahanan Vietnam akibat buruknya final pass pemain. Dan juga sering kekurangan jumlah pemain ketika menyerang.

Hal itu membuat timnas Indonesia asuhan Shin Tae-Yong tercatat hanya memiliki tiga tembakan tepat sasaran pada babak pertama. Di sisi lain, Vietnam asuhan Park Hang-Seo tercatat juga memiliki tiga tembakan tepat sasaran seperti Indonesia.

Tensi pertandingan sempat memanas pada menit ke-40 ketika gelandang Timnas Indonesia Rachmat Irianto, terlibat cekcok dengan beberapa pemain Vietnam.

Kekalahan Timnas Indonesia bermula ketika striker bernomor punggung 9 atas nama Tien Linh menciptakan gol pada menit ke-54.

Setelah gol , Timnas Indonesia terlihat mulai melakukan serangan-serangan yang cukup membahayakan gawang Timnas Vietnam.

Kendati ingin menyamakan kedudukan, Timnas Indonesia ternyata keasyikan menyerang, sehingga gawang Indonesia kembali dibobol oleh kapten Timnas Vietnam bernomor punggung 16 atas nama Hung Dung Do pada menit ke-74.

Sponsored

Indonesia sempat merespons keagresifan Timnas Vietnam melalui tiki taka, tetapi sayang sejumlah peluang itu tidak menghasilkan gol untuk Timnas Indonesia.

Karena terlalu fokus untuk menyamakan kedudukan, ternyata Timnas Indonesia menciptakan banyak ruang kosong untuk Vietnam menyerang.

Terbukti, Le Van Do membobol gawang Indonesia tiga menit menjelang pertandingan berakhir. Hingga akhir pertandingan, Vietnam berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0

Kendati begitu, masih banyak peluang untuk Indonesia melangkah ke babak selanjutnya. Indonesia menghadapi Timor Leste pada 10 Mei, Filipina pada 13 Mei, dan juga melawan Myanmar pada 15 Mei.

Kendati begitu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan masih menyimpan optimisme untuk skuad Garuda Muda ini.

"Lupakan kekalahan di laga pertama. Ada kekurangan iya. Ini yang harus diperbaiki di pertandingan selanjutnya. Saya minta Shin Tae-yong perbaiki itu dan bisa menang di laga-laga selanjutnya," ujar dia, seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Berita Lainnya