sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang lawan Taiwan, 3 asisten pelatih baru ikut poles timnas

Kehadiran  mereka untuk mengisi posisi yang ditinggalkan asisten-asisten pelatih sebelumnya.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Selasa, 05 Okt 2021 11:26 WIB
Jelang lawan Taiwan, 3 asisten pelatih baru ikut poles timnas

Tiga asisten pelatih mulai bergabung dengan Shin Tae-yong untuk memoles performa Tim Garuda mulai Senin (4/10) lalu. Mereka adalah Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic. Ketiganya bersama sang kepala pelatih mempersiapkan skuad Merah Putih menghadapi Taiwan di Buriram, Thailand pada Kamis (7/10) dan Senin (11/10) mendatang.

“Kehadiran mereka tentu membantu saya untuk laga melawan Taiwan. Meski begitu, mereka juga butuh adaptasi untuk melihat kelebihan dan kekurangan setiap pemain di timnas Indonesia,” ujar Shin Tae-yong.

Kehadiran  mereka untuk mengisi posisi yang ditinggalkan asisten-asisten pelatih sebelumnya, yakni Kim Hae-won, Lee Jae-hong, dan Kim Won-jae. Peran masing-masing mereka adalah, Kim Bong-soo berperan sebagai pelatih kiper, Shin Sang-gyu sebagai pelatih fisik, dan Dzenan Radoncic asisten pelatih teknik.

“Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PSSI dan pelatih Shin Tae-yong yang memberikan kepercayaan kepada saya menjadi asisten pelatih timnas Indonesia. Dengan pengalaman yang saya punya, saya siap memberikan ilmu untuk pemain timnas Indonesia,” ujar Dzenan Radoncic yang asal Montenegro.

Dzenan tercatat pernah berlatih di bawah asuhan Shin Tae-yong di Seongnam FC era 2009-2011. Waktu itu, ia bermain sebagai penyerang tengah. Sebelumnya, pria asal Montenegro ini mengawali karier mudanya di klub FK Gusinje di kampung halamannya Gusinje, Montenegro.

Sementara itu, mantan kiper Kim Bong-soo tercatat pernah setim dengan Shin Tae-yong sebagai gelandang penyerang di timnas Korea Selatan era 1992-1997. Berbeda dengan Radoncic yang baru mengawali kariernya, Bong-soo tercatat telah duduk di berbagai kursi kepelatihan sejak 2000.

Sebagai pelatih kiper, Bong-soo turut mengantarkan timnas U-23 Korea Selatan meraih medali perunggu juara ketiga sepak bola dalam Olimpiade Musim Panas 2012 Inggris. Namun, kariernya sempat meredup pascatersingkirnya Korea Selatan oleh Belgia dalam laga kualifikasi Grup H Piala Dunia 2014 Brasil.

Melansir Bolaskor.com, pelatih fisik Shin Sang-gyu memiliki pengalaman melatih timnas U-23 Korea Selatan di Asian Games 2014 dan Olimpiade 2016 Rio. Ia juga pernah menukangi timnas U-23 Tiongkok pada 2019, serta dua klub asal Tiongkok yaitu Inner Mongolia Zhongyou F.C. pada 2020 dan Chengdu Rongcheng F.C. pada 2021.

Sponsored

Bersama Shin Tae-yong, ketiganya akan menukangi timnas Indonesia di Chang Training Ground, Buriram, Thailand untuk menghadapi laga kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Tionghoa Taipei (Taiwan) pada Kamis (7/10) dan Senin (11/10) mendatang. (Sumber: PSSI.org/Bolaskor.com/Transfermarkt)

Berita Lainnya
×
tekid