sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Raih medali emas Paralimpiade, Avina Lekhara cetak sejarah

Atlet berusia 19 tahun itu menang dengan skor impresif 149,6 di final nomor 10 meter senapan angin putri berdiri di Tokyo, Senin (30/8).

Sita Aisha Ananda
Sita Aisha Ananda Senin, 30 Agst 2021 17:47 WIB
Raih medali emas Paralimpiade, Avina Lekhara cetak sejarah

Penembak Avani Lekhara menciptakan sejarah olahraga karena menjadi wanita pertama India yang memenangkan medali emas Paralimpiade.

Atlet berusia 19 tahun itu menang dengan skor impresif 149,6 di final nomor 10 meter senapan angin putri berdiri di Tokyo, Jepang, pada Senin (30/8). Dengan kemenangan ini, Lekhara mencetak rekor Paralimpiade baru juga menyamai rekor dunia.

Lekhara mendapat banyak pujian dari warga India di Twitter atas pencapaian bersejarahnya.

Perdana Menteri Narendra Modi menyebut, kemenangannya sebagai "momen yang benar-benar istimewa bagi olahraga India".

Saat ini, Lehkara berada di peringkat kelima dalam posisi senapan angin 10 m putri. Tokyo adalah penampilan perdananya di Paralimpiade.

Sementara itu, Zhang Cuiping dari China meraih medali perak dengan skor 248,9 dan Iryna Schetnik asal Ukraina berdiri di posisi ketiga di podium. Lekhara berpeluang meraih lebih banyak medali karena akan berlaga di tiga ajang lainnya.

Lekhara merupakan mahasiswa hukum di negara bagian utara Rajasthan. Dirinya lumpuh di bawah pinggang pada 2012 setelah kecelakaan mobil besar. Berusia 11 tahun saat itu.

Ayahnyalah yang mendorongnya berolahraga. Pemain berusia 19 tahun ini juga terlatih dalam memanah, meskipun menembak ternyata menjadi panggilan utamanya.

Sponsored

Menurut laporan, dia menekuni olahraga setelah membaca otobiografi Abhinav Bindra, peraih medali emas Olimpiade individu pertama India.

Emas yang diperoleh Lekhara menambah jumlah medali India menjadi empat, menempatkan "Negeri Anak Benua" untuk mencapai penampilan terbaiknya di Paralimpiade.

Pemenang lainnya yang berasal dari India adalah Yogesh Kathuniya. Dia memenangkan medali perak pada lempar cakram F56 putra dengan jarak 44,38 m.

Pada cabang olahraga tenis meja terdapat Bhavina Patel yang meraih medali perak bersejarah di Tokyo, menjadikannya sebagai atlet wanita kedua India setelah Deepa Malik yang mencapai prestasi serupa.

Adapula Nishad Kumar yang berhasil merebut medali perak pada lompat tinggi putra. Dia berhasil menyelesaikan 2,06 m pada upaya keduanya untuk menyamai rekornya sendiri di Asia. (BBC)

Berita Lainnya