logo alinea.id logo alinea.id

Kesal alat buktinya difoto, BW usir anggota Tim Hukum KPU

Kasus pengusiran itu diungkap Ketua Tim Hukum KPU Ali Nurdin di sidang MK.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Rabu, 19 Jun 2019 16:12 WIB
Kesal alat buktinya difoto, BW usir anggota Tim Hukum KPU

Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW) mengaku keberatan atas tindakan anggota Tim Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) memfoto kotak berisi alat bukti milik Prabowo-Sandi. Menurut BW, tindakan tersebut merupakan pelanggaran etik yang berat. 

"Menurut saya, ini (memfoto bukti Prabowo-Sandi) merupakan pelanggaran etik yang luar biasa," kata BW dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (19/6). 

Sebelumnya, BW diketahui sempat mengusir dua orang dari ruang panitera MK lantaran berupaya memfoto kotak alat bukti milik kubu Prabowo-Sandi. Salah satunya diduga merupakan anggota Tim Hukum KPU.  

Peristiwa pengusiran tersebut sebelumnya diungkapkan kuasa hukum KPU Ali Nurdin di sidang. Menurut Ali, Tim Hukum KPU telah meminta izin kepada majelis hakim MK untuk melihat alat bukti kubu 02 tersebut.

Sponsored

"Dalam persidangan, kami, termohon, sudah meminta izin Yang Mulia agar bisa melihat alat bukti yang ditarik oleh termohon, tetapi oleh pemohon rupanya dilarang di bawah," kata Ali. 

Meskipun kesal, BW mengaku tak mau memperpanjang persoalan. "Terima kasih termohon (KPU) sudah memberitahukan ini. Jadi, saya sudah menutup persoalan ini. Tapi, kalau mau dipersoalkan juga boleh," ujar dia. 

Ketua MK Anwar Usman sepakat isu pengusiran anggota Tim Hukum KPU tidak perlu dipersoalkan lebih lanjut di persidangan. "Jadi, masalah foto sudah clear ya," ujar Anwar.