logo alinea.id logo alinea.id

Kudeta PDI-P, Gerindra jadi penguasa baru parlemen Banten

Kali ini, Gerindra menyamai raihan kursi PDI-P pada Pemilu 2014.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Selasa, 14 Mei 2019 17:40 WIB
Kudeta PDI-P, Gerindra jadi penguasa baru parlemen Banten

Hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banten menunjukkan dominasi Partai Gerindra dalam raupan kursi di DPRD Banten. Dari hasil rekapitulasi, Gerindra meraup 16 kursi DPRD. 

"Syukur alhamdulillah kepada masyarakat telah mempercayai kami. Dari Partai Gerindra alhamdulilah (mendapat) 16 kursi," ujar Sekretaris DPD Partai Gerindra Banten Andra Soni kepada wartawan, Selasa (14/5).

Dengan raupan 16 kursi itu, Gerindra menjadi penguasa parlemen Banten yang baru menggantikan PDI-Perjuangan (PDI-P) yang kali ini hanya meraup 13 kursi. 

Pada Pemilu 2014, lalu PDI-P meraih 16 kursi di DPRD Banten, sedangkan Gerindra hanya meraih 8 kursi. "Berdasarkan aturan yang ada pemenang Pemilu yang akan jadi pimpinan DPRD," kata Soni.

Sponsored

Tingginya perolehan suara Gerindra di Banten, menurut Soni, merupakan imbas efek ekor jas dari pasangan Prabowo-Sandi. Menurut catatan KPUD Banten, Prabowo-Sandi yang diusung oleh Gerindra menang telak di Banten dengan perolehan 61,54% suara. "Harus diakui kami mendapat keuntungan suara dari pilpres tahun ini," ujar Soni. 

Berbasis hasil rekapitulasi, setidaknya bakal ada 12 parpol yang menghuni DPRD Banten. Di bawah Gerindra dan PDI-P, Golkar bersama PKS berada di urutan ketiga dengan raupan 11 kursi, diikuti kemudian oleh Partai Demokrat (9 kursi), PKB (7), PAN (6), PPP (5), NasDem (4), Berkarya (1), PSI (1), dan Hanura (1 kursi).

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Rabu, 17 Jul 2019 20:50 WIB
Jalan sunyi seorang perias jenazah

Jalan sunyi seorang perias jenazah

Selasa, 16 Jul 2019 18:23 WIB