sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Di balik kunker Anies Baswedan ke luar daerah

Langkah itu disebut untuk menjaga elektabilitasnya jelang Pilpres 2024 selain menjaga stok kebutuhan pangan Jakarta.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Senin, 07 Jun 2021 07:31 WIB
Di balik kunker Anies Baswedan ke luar daerah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, belakangan ini kerap melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah dengan dalih memastikan pasokan pangan Ibu Kota. Safari itu pun dilakukan saat sentimen impor beras sedang ramai diperbincangkan.

Terkini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta mengeluarkan dana senilai Rp3,9 miliar untuk perjanjian kerja sama (PKS) dengan Pemprov Jatim di bidang industri perdagangan dan rencana kebutuhan pangan.

Menanggapi hal itu, Direktur Indonesia Politik Review (IPR), Ujang Komaruddin, menilai, kunker Anies ke Cilacap, Jateng, pada Jumat (16/4) dan ke Ngawi, Jatim, pada Minggu (25/4) bisa saja merupakan bagian dari safari politik. Tujuannya, menjaga elektabilitasnya.

"Sambil menyelam minum air. Sambil urus beras juga sambil silaturahmi politik. Apa yang dilakukan Anies, itu hal yang biasa dan jamak dilakukan oleh para politisi,” tuturnya saat dihubungi Alinea, Minggu (6/6). 

Ujang menerangkan, langkah Anies bermain dalam polemik impor beras cukup lihai mengingat isu tersebut akan terus diingat dan menjadi perhatian publik. Selain itu, kerja sama dengan daerah lain menjadi bagian dari upaya bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini agar meraih simpati publik.

Di sisi lain, masa jabatannya sebagai gubernur bakal habis pada 2022. Dengan demikian, Anies dinilai telah memahami apa yang harus dilakukannya nanti pascalengser.

"Jika dia punya posisi baru atau punya panggung-panggung politik untuk bisa menjaga, mempertahankan, dan menaikkan elektabilitasnya, maka Anies akan tetap berpotensi kuat untuk jadi Capres (calon presiden)," ucapnya.

Namun, sambung Ujang, Anies terancam tersingkir dalam persaingan menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 jika tidak memiliki panggung politik.

Sponsored

"Saya punya keyakinan, Anies akan punya panggung politik. Misalkan, salah satunya ikut konvensi capres di NasDem. Itu juga bisa menjaga elektabilitasnya," tandasnya.

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya