logo alinea.id logo alinea.id

Fadel Muhammad lobi Megawati demi kursi Ketua MPR

Senator asal Gorontalo Fadel Muhammad bakal melobi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mendapatkan kursi Ketua MPR RI.

Sukirno
Sukirno Kamis, 03 Okt 2019 03:03 WIB
Fadel Muhammad lobi Megawati demi kursi Ketua MPR

Senator asal Gorontalo Fadel Muhammad bakal melobi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mendapatkan kursi Ketua MPR RI.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengaku siap bertarung menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024, usai terpilih sebagai Pimpinan MPR dari unsur kelompok DPD RI.

"Saya diminta oleh teman-teman DPD agar bisa memperjuangkan DPD menjadi Ketua MPR RI," kata Fadel usai Rapat Pleno Kelompok DPD RI di MPR RI, di Gedung Nusantara V, Jakarta, Rabu (2/10) malam.

Dia mengatakan ada tiga alasan para anggota DPD menginginkannya menjadi Ketua MPR, pertama DPD adalah fraksi yang terbesar jumlahnya dibandingkan partai-partai yang lain yaitu 136 orang anggota sehingga pantas untuk menjadi Ketua di MPR.

Kedua menurut dia, para senator meminta agar banyak hal-hal yang ada di MPR dapat dikerjasamakan dengan DPD.

"Ketiga, mereka meminta kalau bisa dana transfer ke daerah juga menjadi bagian dari tanggung jawab dan urusan teman-teman di DPD untuk penguatan daerah," ujarnya.

Menurut dia, aspirasi dana transfer ke daerah itu agar senator yang dipilih langsung oleh rakyat dan juga bertanggungjawab buat pemerintah daerah ada porsi tertentu, bisa memiliki sesuatu untuk bicara ke daerah.

Fadel Muhammad terpilih sebagai Pimpinan MPR dari unsur kelompok DPD RI setelah memenangkan pemungutan suara atau voting dalam Sidang Pleno Kelompok DPD RI di MPR RI.

Sponsored

Fadel terpilih setelah mengalahkan tiga calon Pimpinan MPR RI dari unsur kelompok DPD RI yaitu GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Dedi Iskandar.

Dalam pemungutan suara tersebut, Fadel memperoleh 59 suara, GKR Hemas 46 suara, Yorrys Raweyai 16 suara, Dedi Iskandar 5 suara.

Sejauh ini ada beberapa calon yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon Ketua MPR RI yaitu Fraksi Golkar mencalonkan Bambang Soesatyo, Fraksi Gerindra mencalonkan Ahmad Muzani, dan kelompok DPD RI mengusulkan Fadel Muhammad.

Ketua DPD La Nyalla Mattalitti (kedua kanan) disaksikan Wakil Ketua Sultan Bachtiar Najamuddin (kiri), Nono Sampono (kedua kiri) dan Mahyudin (kanan) menerima laporan dari Senator Fadel Muhammad (tengah) saat Sidang Paripurna DPD. / Antara Foto

Lobi Megawati

Untuk memuluskan jalannya menuju kursi MPR 1, Fadel Muhammad akan menemui Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjelang pemilihan Ketua MPR RI, Kamis (3/10) malam.

"Saya juga akan bertemu dengan Ibu Megawati, saya kenal baik dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan beliau karena PDIP, partai pemenang pemilu," kata Fadel.

Dari pembicaraan yang sudah ada, kata dia, terdapat tiga kelompok yang akan memperebutkan kursi Ketua MPR, yaitu Golkar bersama PPP, PKB, dan NasDem.

Kedua, lanjut dia, Gerindra bergabung dengan PDIP, dan kelompok ketiga adalah Demokrat dan PAN.

"DPD nanti akan rapatkan, kita lihat, kalau kami bergabung, katakan tinggal dua kelompok saja. Kami bergabung ke mana? Kalau voting, kami akan menang. Maka, kami akan bicarakan secara internal dengan teman-teman DPD, kemudian kita akan menentukan sikap, apa sikap yang kita mau ambil," ujarnya.

Fadel berencana pada Kamis (3/10) pagi akan bertemu dengan pimpinan empat partai politik untuk membicarakan peluangnya menjadi Ketua MPR. Namun, tidak disebutkan parpol mana saja.

Ia akan menjajaki dengan tiga kelompok, mana yang berkomitmen untuk penguatan DPD RI ke depan karena selama ini DPD dilihat "sebelah mata".

"Untuk itu, dengan keberadaan saya di MPR, kami ingin membikin perubahan supaya ada kesetaraan antara DPD dan DPR," katanya.

Menurut dia, dalam forum lobi, dia akan menekankan bahwa DPD merupakan fraksi terbesar sehingga sudah sepantasnya perwakilan lembaga tersebut menjadi Ketua MPR RI. (Ant)