logo alinea.id logo alinea.id

Jokowi bocorkan komposisi Kabinet Kerja jilid II 

Tidak tertutup kemungkinan muka-muka lama bakal kembali mengisi kabinet baru.

Christian D Simbolon
Christian D Simbolon Jumat, 12 Jul 2019 14:55 WIB
Jokowi bocorkan komposisi Kabinet Kerja jilid II 

Presiden Joko Wododo (Jokowi) mengaku sudah memiliki gambaran komposisi menteri-menteri yang akan membantunya menjalankan tugas di periode kedua pemerintahannya. Menurut Jokowi, pos menteri di Kabinet Kerja jilid II bakal diisi kader parpol dan kalangan profesional. 

"Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga," kata Jokowi kepada wartawan usai membuka pameran Karya Kreatif Indonesia 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (12/7).

Jokowi mengatakan, ada dua kemungkinan komposisi kabinet, yakni 60% dari kader parpol dan 40% kalangan profesional atau 50% parpol dan 50% profesional. 

Ia pun berharap parpol-parpol pengusung mengusulkan kader dari kalangan profesional untuk mengisi pos menteri. "Profesional muda. Kan banyak banget profesional-profesional muda," ujarnya. 

Sponsored

Lebih jauh, Jokowi juga tak menutup kemungkinan mempertahankan muka-muka lama di kabinet baru, termasuk di antaranya menteri-menteri yang namanya disebut dalam kasus korupsi. "Ya, nanti dilihat. Semua hal mesti kita pertimbangkan," katanya.

Terkait 'todongan' jatah menteri dari sejumlah parpol pengusung, Jokowi mengatakan, hal itu masih tergolong wajar. "Ya, enggak apa apa. Mau minta 10, mau minta 11, mau minta 9. Kan enggak apa-apa? Wong, cuma minta aja," kata dia. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan, partainya berharap 10 kursi menteri dari Jokowi. Tak mau kalah, Partai NasDem mengklaim partainya layak mendapatkan 11 kursi menteri. (Ant)