sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Komentar Puan soal ciri pemimpin pro rakyat ala Jokowi

"Kalau wajah 'cling' dan bersih, tidak ada kerutan di wajah, hati-hati."

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 28 Nov 2022 23:11 WIB
Komentar Puan soal ciri pemimpin pro rakyat ala Jokowi

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, menilai, ciri pemimpin pro rakyat yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersifat umum. Pangkalnya, banyak tokoh dengan tanda khas tersebut.

"Banyak yang berambut putih," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Senin (28/11). Puan tidak memberikan penjelasan lebih jauh.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sempat menunjuk rambutnya saat dimintai komentar tentang ciri pemimpin pro rakyat versi Jokowi.

"Putih. Banyak, kan, yang putih?" ucapnya sambil menunjuk rambutnya yang putih, dalam kesempatan berbeda.

Rambut Prabowo sebagian besar masih hitam. Namun, dirinya ingin menunjukkan jika kriteria pemimpin yang disampaikan Jokowi juga cocok dengannya.

Menteri Pertahanan (Menhan) ini enggan berkomentar lebih jauh tentang kriteria pemimpin ala Jokowi. Dia justru tertawa kala awak media terus memintanya berkomentar.

Sebelumnya, saat berpidato di Stadion GBK, Sabtu (26/11), Jokowi meminta para relawannya mereka memilih calon presiden (capres) yang memikirkan rakyatnya. Sebab, tantangan ke depan bakal semakin berat akibat resesi global. 

"Pemimpin seperti apa yang kita cari? Hati-hati, saya titip hati-hati, pilih pemimpin yang ngerti, yang dirasakan rakyat, pilih nanti di 2024 yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat," tuturnya.

Sponsored

Jokowi menyebut, ciri pemimpin yang memikirkan rakyat memiliki banyak keriput di wajah dan berambut putih. Eks Wali Kota Solo itu mengklaim, tanda-tanda ini diketahuinya karena sudah lama menjabat sebagai presiden.

"Kalau wajah 'cling' dan bersih, tidak ada kerutan di wajah, hati-hati. Lihat rambutnya. Kalau putih semua, ini mikiran rakyat ini," ucapnya.

Kendati demikian, Jokowi tak menyebutkan spesifik tokoh yang dimaksud. Beberapa relawan yang hadir justru meneriakkan nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, karena memiliki kesamaan dengan yang disebutkan.

Berita Lainnya
×
tekid