logo alinea.id logo alinea.id

Puan Maharani resmi mundur dari jabatan Menko PMK

Puan diplot PDI-Perjuangan untuk menduduki kursi Ketua DPR RI.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Selasa, 01 Okt 2019 15:51 WIB
Puan Maharani resmi mundur dari jabatan Menko PMK

 Politikus PDI-Perjuangan Puan Maharani mengaku sudah resmi mengundurkan diri dari jabatanya sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Surat pengunduran diri telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (30/9) lalu. 

"Sejak kemarin, tanggal 30 (September), saya sudah izin pamit kepada Presiden untuk mengundurkan diri jadi Menko PMK untuk bisa dilantik (sebagai anggota DPR) pada hari ini," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Puan mengatakan Jokowi sudah menyiapkan pelaksana tugas (Plt) untuk menggantikannya sebagai Menko PMK. Namun, ia enggan mengungkap siapa penggantinya di Kementerian PMK. 

"Sudah ada Plt. Tapi tunggu, bukan hak saya untuk mengumumkan. Kita tunggu kabar dari Istana. Saya yakin secepatnya akan diumumkan," ujar Puan.

Sponsored

Puan resmi dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Ia lolos menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V yang meliputi Solo, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali dengan perolehan 420 ribu suara.

Sebelumnya, politikus PDI-P Eva Kusuma Sundari mengatakan, Puan diplot oleh partainya untuk menduduki kursi Ketua DPR RI. Menurut dia, putri Megawati Soekarnoputri itu punya kapasitas yang mumpuni untuk menduduki kursi tersebut.