sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rakernas PAN bakal bahas Perppu Covid-19 hingga RUU Ciptaker

PAN akan menentukan sikap politik di Rakernas I pada 5 Mei 2020.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Minggu, 03 Mei 2020 20:27 WIB
Rakernas PAN bakal bahas Perppu Covid-19 hingga RUU Ciptaker
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 75699
Dirawat 36455
Meninggal 3607
Sembuh 35638

Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada Selasa 5 Mei 2020 mendatang. Rakernas rencananya akan dilakukan secara virtual lantaran masih berlakunya peraturan pemerintah dalam menerapkan social distancing di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, rakernas partai berlambang matahari tersebut tidak hanya akan membahas masalah internal partai saja. Lebih dari itu, akan dibahas pula isu-isu hangat dan urgen.

"Salah satu isu yang penting, bagaimana sikap PAN tentang pelaksanan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 (Perppu Corona), termasuk Omnibus Law RUU Ciptaker. Ini pembahasan yang kita antisipasi yang akan meramaikan rakernas kita, dan buat pandangan PAN resmi terkait isu-isu yang penting agar masyarakat tahu posisi politik PAN terkait isu-isu penting tersebut," jelas Eddy lewat keterangannya, Minggu (3/5).

Dikatakan Eddy, ihwal Perppu Nomor 1 Tahun 2020, PAN sebenarnya telah meminta legislatif untuk membahasnya dalam Badan Anggaran (Banggar) DPR. Tujuannya, agar ada kepastian hukum terkait stimulus paket bantuan yang akan diberikan untuk mengatasi masalah kesehatan dan jaring pengaman, serta penyelamatan ekonomi negara dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Bagi Eddy, isu ini menjadi aspek penting yang akan dibahas, supaya seluruh kader PAN dari tahu posisi politik PAN. Selain itu, seluruh kader diharapkan mampu berbicara merepresentasi sikap partai untuk menyampaikan pandangan politik partai terkait isu-isu penting yang ada.

Sementara itu, Ketua SC Rakernas I PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, Rakernas PAN akan dimulai sejak 10.00 hingga 15.00 WIB. Rakernas I PAN akan menggunakan video conference (vicon), menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan streaming di Youtube dan Facebook.

Adapun kewenangan dan agenda rakernas, yakni menjabarkan hasil kongres dalam bentuk program kerja pemenangan pemilu. Kemudian, merumuskan dan menetapkan kebijakan partai dalam setahun sebagai bagian dari penjabaran hasil kongres.

"Kami akan menetapkan perubahan Peraturan Partai, di antaranya Peraturan Partai (PP) tentang Perkaderan, PP tentang Permusyawaratan di Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting, PP tentang Hubungan Partai dengan Kader di Lembaga Legislatif dan Eksekutif, PP tentang Pengelolaan Aset Partai, PP tentang Rencana Program Pemenangan Pemilu 2024, dan PP tentang Mahkamah Partai," terang Viva.

Sponsored

Rakernas I PAN ini akan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifi Hasan atau Zulhas. Selain itu, akan ada sambutan juga dari Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPP PAN, Hatta Rajasa, dan dari Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN, Soetrisno Bachir.

Berita Lainnya