Trump: Laporan soal kesehatan Kim Jong-un tidak benar

Trump menolak mengatakan apakah dia menjalin komunikasi dengan pejabat Korea Utara.

Kim Jong-un saat menghadiri upacara peletakan batu pertama untuk Rumah Sakit Umum Pyongyang yang baru dalam rangka 75 tahun pendirian Partai Buruh Korea, di Pyongyang, Korea Utara. Foto disiarkan oleh KCNA pada Selasa (17/3). ANTARA FOTO/KCNA/via REUTERS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (23/4) mengungkap keraguan pada laporan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tengah sakit parah. Namun, Trump menolak mengatakan apakah dia menjalin komunikasi dengan pejabat Korea Utara.

"Menurut saya laporan itu tidak benar," kata Trump dalam briefing harian Gedung Putih, menambahkan bahwa dia telah mendengar laporan itu didasarkan pada dokumen lama.

Trump dan Kim Jong-un kerap berkomunikasi, bahkan Trump mengirim pesan selamat ulang tahun kepada pemimpin Korea Utara tersebut.

"Kami memiliki hubungan yang baik dengan Korea Utara, saya memiliki hubungan baik dengan Kim Jong-un dan saya berharap dia baik-baik saja," ujar Trump.

Daily NK, surat kabar daring bermarkas di Korea Selatan yang fokus meliput Korea Utara, pada Senin (20/4) melaporkan bahwa Kim Jong-un, yang diyakini berusia sekitar 36 tahun, tengah dalam masa pemulihan setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April.