sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BRI raih pinjaman valas sebesar US$1 miliar

Fasilitas pinjaman tersebut untuk memperkuat liablitas dan sumber pendaan untuk ekspansi.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 13 Mei 2020 16:35 WIB
BRI raih pinjaman valas sebesar US$1 miliar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 76981
Dirawat 36636
Meninggal 3656
Sembuh 36689

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memperoleh komitmen pinjaman luar negeri sebesar US$1 miliar pada tahun 2020. Pinjaman ini diperoleh dalam skema Club Loan yang berasal dari 10 bank regional Asia, Eropa, dan Amerika.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, fasilitas pinjaman tersebut akan digunakan untuk memperkuat struktur liabilitas dan meningkatkan net stable funding ratio, menjaga likuiditas valas dan menyiapkan sumber pendanaan untuk ekspansi kredit bagi perseroan.

"Pinjaman luar negeri ini memperlihatkan kepercayaan investor asing terhadap BRI dan Indonesia masih cukup tinggi di tengah ketidakpastian global. Ini menjadi bukti Indonesia masih menjadi salah satu tujuan investasi menarik di dunia," kata Sunarso pada Rabu (13/5).  

Adapun pinjaman Club Loan ini terbagi menjadi tiga fasilitas yang diberikan. Tranche A senilai US$500 juta selama 1 tahun, Tranche B senilai US$200 juta selama 2 tahun, dan Tranche C senilai US$300 juta selama 5 tahun.

Sponsored

“Skema Club loan merupakan salah satu alternatif sumber pendanaan valas bagi BRI selain penerbitan global bond, guna melengkapi penghimpunan Dana Pihak Ketiga BRI,” ujar SEVP Treasury dan Global Services BRI Listiarini Dewajanti.

Sebelumnya pada 2018 yang lalu, Bank BRI telah mengantongi pinjaman luar negeri dengan nilai US$700 juta. Sindikasi Club Loan tersebut dikucurkan oleh 13 kreditur, yang terbagi atas tiga tranche yakni US$200 juta, US$235 juta, dan US$265 juta. 

Berita Lainnya