logo alinea.id logo alinea.id

DKI Jakarta gelontorkan Rp14 miliar untuk angkutan gratis Lebaran

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 594 unit bus dan 26 truk

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Senin, 10 Jun 2019 13:06 WIB
DKI Jakarta gelontorkan Rp14 miliar untuk angkutan gratis Lebaran

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp14 miliar untuk angkutan gratis selama musim mudik dan balik Lebaran 2019. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merinci, dari total dana Rp 14 miliar, sekitar Rp11,4 miliar digunakan untuk biaya sewa bus, sewa 62 unit truk pengangkut motor, pajak, pengawasan, pelaksanaan hingga pengelolaan acara.

“Jadi pemudik dibiayai untuk berangkat dan kembali lagi ke Jakarta,” kata dia.

Berdasarkan catatan Alinea.id, dalam program mudik gratis pada tahun ini, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan bus sebanyak 594 unit. 

Bus ini digunakan untuk angkutan arus mudik sebanyak 372 unit dan pada arus balik 222 unit, masing-masing dengan kapasitas 54 orang per bus. Untuk biaya sewa satu bus mencapai Rp19,3 juta per bus.

“Sehingga biaya yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta untuk 54 orang dalam satu bus mencapai Rp358.000/orang dalam program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta 2019,” kata Anies.

Arus balik 

Anies melanjutkan memasuki untuk periode arus balik, Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah menyiagakan armada untuk pemudik yang kembali ke Jakarta sejak Sabtu (8/6).

Sponsored

Pada saat arus balik ini, 10 bus dari kota asal (Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang) akan menuju Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur.

Sementara itu, truk pengangkut sepeda motor juga telah diberangkatkan dari 10 kota tersebut, dengan total sebanyak 26 truk.

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga bekerja sama dengan Transjakarta dalam memberikan layanan lanjutan berupa shuttle gratis ke terminal-terminal di DKI Jakarta.  

 

 

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Fenomena cocoklogi versus ilmu pengetahuan

Senin, 24 Jun 2019 22:15 WIB
Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Siasat turunkan harga tiket pesawat domestik

Jumat, 21 Jun 2019 20:21 WIB