sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Erick Thohir ingin lakukan dua hal ini bersama MES

Bersama MES, Erick Thohir ingin membuat keseimbangan ekonomi yang menjadi basis membangun bangsa.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 29 Apr 2021 18:13 WIB
Erick Thohir ingin lakukan dua hal ini bersama MES

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan, dirinya ingin melakukan dua hal penting bersama MES.

Pertama, kata dia, adalah membuat keseimbangan ekonomi antara golongan kaya, miskin, dan menengah, bisa menjadi basis kebersamaan dalam membangun bangsa.

"Kedua pembukaan lapangan kerja, yang tidak mungkin didasari oleh peran pemerintah, tetapi tentu peran masyarakat semua secara menyeluruh," kata Erick di Bursa Efek Indonesia, Kamis (29/4).

Dia menuturkan, sejak awal empat program unggulan MES tidak muluk-muluk. Erick menyebut, program pertama, yaitu memastikan basis pergerakan, dengan produksi yang dikembalikan ke desa dan pesantren. 

Menurutnya, hal ini menjadi bagian penting. Dia mencontohkan, beberapa waktu yang lalu, MES diberikan kesempatan menjadi kurator untuk pembukaan 1.000 Pertashop dengan 1.000 pesantren, yang akan dikerjasamakan satu tahun ini.

Program lainnnya, bagaimana industri halal Indonesia bisa berkembang di dalam dan luar negeri. Erick menilai, Indonesia sebagai negara penduduk islam terbesar di dunia, harus bisa bangkit, memperbiki supply chain dari industri halal dan berbasis di Indonesia, bukan di negara lain. 

"Kita tidak mau kita hanya sekedar market, tetapi bagaimana supply chain ini bisa sesuai dengan keseimbangan ekonomi yang kita mau," ucapnya.

Program lainnya, adalah financial syariah. Salah satunya bagaimana MES bisa berkolaborasi dengan bursa dan BUMN.

Sponsored

"MES punya alternatif investasi syariah, selain di awal tahun kami bangun BSI sebagai fundamental bank himbara yang fokus di ekonomi syariah itu sendiri," tuturnya.

Berita Lainnya