sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Erick Thohir: Pasien positif Covid-19 di Wisma Atlet 102 orang

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan perusahaan pelat merah sudah memasok logistik dan memproduksi masker.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 24 Mar 2020 13:08 WIB
Erick Thohir: Pasien positif Covid-19 di Wisma Atlet 102 orang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan hingga Selasa pagi (24/2), ada 102 pasien positif Covid-19 yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet.

"Tadi malam saya pantau 21 orang. Lalu saya tadi cek tadi pagi, jumlah pasien di Wisma Atlet sudah 102 orang," kata dia saat konferensi video dari Jakarta, Selasa (24/3).

Erick mengatakan dirinya sempat risau akibat pelonjakan jumlah pasien di RS darurat tersebut. Erick pun meminta seluruh pihak untuk memastikan seluruh pasokan logistik, baik perlengkapan medis maupun makanan mencukupi.

Sementara itu, untuk kesiapan alat kesehatan, Erick mengatakan BUMN Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah memproduksi 4,6 juta masker. Masker-masker tersebut pun telah didistribusikan oleh Kimia Farma. April nanti, lanjut Erick, RNI akan kembali memproduksi masker. Namun, Erick tak merinci berapa jumlah pastinya.

Kemudian untuk obat-obatan seperti klorokuin yang dapat diproduksi dalam negeri, Erick memastikan pemerintah telah memiliki stoknya.

"Untuk obat-obatan yang lain, pemerintah harus impor," ujar dia.

Selain itu, Kementerian BUMN juga telah menerima bantuan dari pihak swasta berupa 5.000 alat rapid test dan 2.000 APD untuk RS darurat tersebut.

Agar jumlah pasien tak semakin melonjak, dirinya pun meminta agar masyarakat disiplin melakukan jaga jarak atau physical distancing. Pemerintah, kata Erick, melihat opsi physical distancing ini lebih baik dibandingkan dengan opsi lockdown atau mengunci wilayah.

Sponsored
Berita Lainnya