sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

IHSG dibuka menguat ke level 4.635

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,20% sejalan dengan penguatan bursa AS.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 09 Apr 2020 09:23 WIB
IHSG dibuka menguat ke level 4.635
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23165
Dirawat 15870
Meninggal 1418
Sembuh 5877

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,20% ke level 4.635 pada pembukaan perdagangan Kamis (9/4).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan bursa saham Amerika Serikat (AS) semalam ditutup menguat merespons pengunduran diri kandidat calon presiden dari Partai Demokrat, Bernie Sanders. Dow Jones ditutup menguat 3,44%, Nasdaq ditutup menguat 2,58%, dan S&P 500 ditutup naik 3.41%.

Dengan pengunduran Bernie tersebut, Partai Demokrat hanya menyisakan Joe Biden untuk maju melawan Donald Trump pada pemilu AS.

Disisi lain, penasihat White House Dr. Fauci mengatakan bahwa pandemi Covid-19 sebentar lagi akan mulai berbalik setelah minggu yang buruk ini terlewati.

Sponsored

"Pernyataan tersebut tentunya memberikan ketenangan bagi pada investor. Namun, investor masih terus berhati-hati karena kondisi ekonomi di AS yang telah terdampak masih belum terlihat akan pulih dalam waktu dekat," kata Dennies, Kamis (9/4).

Sementara, bursa saham Asia dibuka bercampur, menanti data pengangguran dari AS. Investor melihat data tersebut seharusnya tidak bertambah dibandingkan dengan minggu lalu bila pandemi Covid-19 sudah membaik.

Sementara itu, riset harian Samuel Sekuritas melihat IHSG hari ini berpotensi melanjutkan pelemahan meskipun dibuka menguat. Sebab, minimnya sentimen serta sektor penekan IHSG hari ini masih didominasi saham berkapitalisasi besar. 

Berita Lainnya