sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IHSG ditutup turun 0,79%, sektor aneka industri turun paling dalam

Tercatat sebanyak 10,7 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp6,3 triliun.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 28 Sep 2020 17:08 WIB
IHSG ditutup turun 0,79%, sektor aneka industri turun paling dalam
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,79% ke level 4.906 pada perdagangan Senin (28/9). Sektor aneka industri yang turun 1,97% dan sektor keuangan yang turun 1,58% menjadi pendorong pelemahan IHSG pada hari ini.

Tercatat sebanyak 10,7 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp6,3 triliun. Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih senilai Rp593 miliar.

Saham-saham seperti MDKA, TOWR, BTPS, PWON, dan KINO menjadi saham-saham yang banyak dibeli investor asing. Sementara saham-saham seperti BBCA, BMRI, BBRI, TLKM, dan TBIG menjadi saham-saham yang banyak dilepas oleh investor asing hari ini.

Associate Director of Research and Investments Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan, pelaku pasar saham dunia pada pekan ini akan fokus memperhatikan debat pertama calon presiden Amerika Serikat yang akan berlangsung pada Selasa.

Sponsored

Di sisi lain, investor juga akan menunggu rilis indikator ekonomi makro Amerika Serikat pada pekan ini. Hal tersebut cukup krusial bagi pergerakan pasar keuangan dalam beberapa hari ke depan.

"Dari dalam negeri, aksi jual investor asing masih menyelimuti penurunan sebagian besar saham dengan kapitalisasi besar sehingga hal tersebut ikut menahan pergerakan IHSG untuk kembali menguat," katanya. 

Berita Lainnya