logo alinea.id logo alinea.id

Jelang lebaran, Kemendag terjunkan tim pengawal bahan pokok

Tim penetrasi pasar akan memastikan ketersedian kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat selama bulan Ramadan. 

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 27 Mei 2019 14:47 WIB
Jelang lebaran, Kemendag terjunkan tim pengawal bahan pokok

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melepas Tim Penetrasi Pasar hari ini. Mereka harus bekerja sama dengan pengusaha untuk mengawal harga dan memastikan ketersediaan bahan pokok di pasar selama Ramadan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, tim ini akan memastikan langkah Kemendag untuk menjamin ketersedian kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat selama Ramadan. 

“Ini buat kepentingan rakyat, supaya mereka tidak perlu khawatir adanya spekulasi dan kenaikan harga,” kata Enggar di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (27/5).

Enggar mengatakan, ketersediaan bahan pokok seperti beras dan gula sangat penting untuk menjaga stabilitas nasional. Di tengah situasi politik yang bergejolak belakangan, ekonomi nasional terkena dampak cukup signifikan.

“Rakyat tidak boleh lapar. Sebab kalau terjadi kelaparan potensi konflik sangat mudah tersulut,” kata Enggar.

Enggar berharap agar perekonomian kembali stabil dan berjalan dengan baik setelah tim ini turun ke lapangan. Enggar mengaku telah melakukan rapat koordinasi dengan jajaran eselon satu di lapangan dan pejabat-pejabat di pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota. Tujuannya untuk menjaga stabilitas pangan.

Politikus Partai NasDem itu berpesan kepada tim agar bekerja kooperatif dengan pengusaha. Sebab, kata Enggar, sistem perekonomian yang dianut oleh Indonesia mengedepankan kerja sama dengan pihak swasta. “Sebagai pemerintah, jangan berpikir bahwa pedagang itu harus rugi,” kata dia.


 

Sponsored