sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kemenhub bidik PNBP 2019 naik jadi Rp1 triliun

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada 2019 naik dua kali dari 2018.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Senin, 01 Apr 2019 10:10 WIB
Kemenhub bidik PNBP 2019 naik jadi Rp1 triliun

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp1 triliun pada 2019. Tahun lalu, realisasi PNBP Kemenhub mencapai Rp900 miliar, atau melebihi target senilai Rp500 miliar.

“Jadi setiap tahun kami meningkatkan target PNBP,” ujar Direktur Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi di Jakarta, Minggu (31/3).

Budi juga menyatakan Kemenhub optimistis dengan target 2019. Sebab, pihaknya baru saja mengambil alih aset barang milik negara (BMN) untuk terminal penumpang tipe A.

Pelaksanaan perjanjian sewa BMN itu terdiri atas 40 objek dengan klasifikasi 38 kios, satu unit area khusus perusahaan otobus (PO) Bhinneka dan satu unit pencucian bus di Terminal Penumpang Tipe A Harjamukti Cirebon, pada Jumat (29/3).

Sebelumnya, Budi menjelaskan, untuk mempercepat proses pengusulan sewa akan dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan 71/2018 tentang Pelimpahan Sebagian Wewenang dan Tanggung Jawab Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Dal PM 71/2018 tersebut, untuk nilai perolehan di bawah Rp5 miliar, pengusulan sewa dan pelaksanaannya akan dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Provinsi Jawa Barat.

Kemudian, BPTD akan berkoordinasi dengan kantor wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) setempat. Sementara itu, kewenangan dengan nilai perolehan di atas Rp5 miliar akan dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan.

Penandatanganan perjanjian kerja sama di Terminal Tipe A Harjamukti Kota Cirebon pada Jumat (29/3) dilakukan oleh Kepala BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Agung Rahardjo dan perwakilan penyewa dengan disaksikan oleh Budi Setiadi.

Sponsored

Selanjutnya, Budi menyatakan Ditjen Hubdat diminta untuk menghasilkan keuntungan untuk kepentingan negara salah satunya melalui penyewaan lahan terminal tipe A, sama seperti penyewaan di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo sebelumnya. 

"Sudah banyak yang berminat menyewa kios-kios di Terimal A. Salah satunya Alfamart. Jadi, memang saya akan meningkatkan PNBP tiap tahun," tutur Budi